Dampak Covid 19 Ribuan Pekerja Migran bakal pulang Kampung - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dampak Covid 19 Ribuan Pekerja Migran bakal pulang Kampung

Berita Daerah
dampak covid 19 ribuan pekerja migran bakal pulang kampung
Dampak Covid 19 Ribuan Pekerja Migran bakal pulang Kampung

MEGAPOLITANPOS.COM Blitar - Sejumlah tenaga kerja ke luar negeri sebagai Pekerja Migran Indonesia di prediksi dua pekan menjelang lebaran bakal pulang kampung halaman, ini karena tempat dimana mereka bekerja melakukan.lock down akibat pandemi corona virus .
Haris Susianto Kepala Disnakertrans Kabupaten Blitar kepada wartawan mengatakan kepulangan PMI awal Maret hingga awal Mei 2020 ini, baru terdata 380 orang yang sudah pulang ke Blitar hasil pendataan selama wabah Covid-19 .(06/05/20)

Hasil pendataan, para PMI tersebut berasal dari beberapa negara diantaranya Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Aljazair. “Mereka yang terdata ini, seluruh nya resmi melalui UPTP2TKI,” jelasnya.

Terpantau jumlah PMI Kabupaten Blitar pada 2019 sebanyak 4.388 orang. Sehingga diperkirakan masih akan ada kepulangan, ribuan orang TKI asal Blitar kedepannya. Apalagi seluruh negara tujuan para TKI bekerja, juga terpapar Covid-19.

" Dinas memfasilitasi para TKI yang pulang tersebut, melalui Gugus Tugas Covid-19 yang ada di posko,“. Jelasnya
Sehingga setiap kepulangan Pekerja Migran diarahkan ke posko, untuk dilakukan sekrening kesehatanya,
setelah itu dikoordinasikan dengan camat dan perangkat desa, asal para TKI untuk dilakukan penjemputan dan selanjutnya diisolasi atau dikarantina .

Haris menambahkan kepulangan TKI yang legal atau resmi biasanya ada pemberitahuan, tapi ada juga yang mendadak tapi tetap terkoordinir.
“Biasanya melalui UPTP2TKI memberikan informasi kepulangan, ke daerah asalnya,” pungkasnya. ( za )


Author

Za
Za

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top