DPRD Dan IDI Kota Blitar Minta Plt Walikota Serukan Maskerisasi Kepada Warga - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

DPRD Dan IDI Kota Blitar Minta Plt Walikota Serukan Maskerisasi Kepada Warga

Berita Daerah
dprd dan idi kota blitar minta plt walikota serukan maskerisasi kepada warga
Agus Junaidi Wakil Ketua DPRD kota Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Sebelum terjadi lonjakan corona virus ( Covid-19), DPRD kota Blitar minta kepada Plt. Walikota Blitar Santoso segera serukan maskerisasi untuk seluruh warga yang sering beraktifitas di luar rumah.

Desakan ini disampaikan Agus Junaidi Wakil Ketua DPRD kota Blitar, setelah dewan mendapat masukan, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Umum Kota Blitar.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Agus Zunaidi mengatakan Senin (27/04/2020) sesuai hasil hearing dengan IDI pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang paling efektif dengan menggunakan masker.

"Kita sepakati program maskerisasi untuk seluruh warga Kota Blitar, terutama yang beraktifitas di luar rumah,” katanya.

Pencegahan penyebaran Covid-19 yang paling efektif, bukan cuci tangan dengan sabun atau memakai desinfektan saja.

"Memakai masker, bahkan tingkat pencegahannya mencapai 70 persen,” jelas politisi PPP ini.

Oleh karena itu Agus setuju dengan masukan dari IDI dan Ikatan Dokter Umum Kota Blitar, agar segera dilaksanakan maskerisasi.

“Seperti yang dilakukan Pemkab Banyuwangi, dengan membagikan 1 juta masker untuk warganya,” tandasnya.

Agud Junaidi menekankan Selain untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, maskerisasi juga bisa memberdayakan pengerajin, IKM atau penjahit di Kota Blitar. Terutama yang terkena dampak ekonomi dari Covid-19.

"Kebutuhan masker kita 50 hingga 150 ribu jadi selain melawan Covid-19, juga bisa memberdayakan warga melalui dinas terkait," papar Agus.

Secara terpisah kepada media ini, Plt Walikota Blitar, Santoso ketika dikonfirmasi mengenai desakan maskerisasi ini menjawab jika pihaknya sudah melaksanakan lebih dulu.

"Sudah saya perintahkan pak sekda untuk pengadaan masker, sekaligus pemberdayaan IKM," jawab Santoso.

Diungkapkan Santoso, jika pada tahap awal sudah dipesan 15.000 masker pada IKM dan itu sudah dibagikan pada masyarakat.

"Tahap berikutnya kita akan pesan lagi karena yg mengerjakan IKM, binaan Dinas Koperasi," pungkasnya.(za)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top