DPRD Gelar RDP, Ini yang Disampaikan Ketua Gugus Tugas Asahan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

DPRD Gelar RDP, Ini yang Disampaikan Ketua Gugus Tugas Asahan

Berita Daerah
dprd gelar rdp ini yang disampaikan ketua gugus tugas asahan
RPD DPRD Kabupaten Asahan

MEGAPOLITANPOS.COM, Asahan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asahan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan di aula Rambate Rata Raya, Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan, Rabu (20/4/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Surya menjelaskan langkah dan upaya yang telah dilakukan oleh Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Selaku Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19, kita telah melakukan langkah-langkah antisipasi, diantaranya, penyemprotan disinfektan di tempat layanan publik, tempat-tempat yang menjadi kerumunan massa dan tempat ibadah, serta melakukan pemeriksaan kepada para TKI yang masuk ke Kabupaten Asahan," ucapnya.

Ditambahkannya, bukan hanya itu, Gugus Tugas Asahan juga telah melakukan pembagian masker kepada masyarakat, meninjau ketersediaan pangan, menetapkan Kabupaten Asahan pada kondisi siaga darurat, memberikan alat APD kepada para tenaga medis dalam penanganan Covid-19, menyediakan ruang isolasi karantina di kolam renang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bagi para TKI yang masuk ke Kabupaten Asahan, menyediakan sarana dan prasarana di RSUD HAMS Kisaran sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Utara yang menghunjuk rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan Gugus Tugas bukan hanya ada di kabupaten, tetapi telah membentuk Gugus Tugas di setiap desa/kelurahan dan kecamatan di seluruh Kabupaten Asahan, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin setiap hari Kamis di desa yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 desa.

Kemudian, memberikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Asahan setiap hari Rabu mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mencuci tangan pakai sabun setelah dan sesudah melakukan aktivitas, melakukan physical distenching serta menjauhi lokasi yang menjadi tempat kerumunan massa.

"Hal ini kita lakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah melaksanakan tugas ini dengan tulus dan ikhlas, serta dalam melakukan langkah-langkah. Kita selalu berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan. Maka dari itu, kita tidak perlu berdebat, tetapi kita harus saling bergandengan tangan dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Asahan," tuturnya.

Ia juga berharap nantinya, anggota DPRD Kabupaten Asahan dapat memberikan masukan dan ide kepada Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, sehingga menjadi bahan evaluasi untuk kedepan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan selalu terbuka bagi para anggota DPRD Kabupaten Asahan untuk menyampaikan pendapatnya dalam melakukan penanganan wabah virus corona di Kabupaten Asahan, karena kita semua terlibat dalam penanganan wabah tersebut," pungkasnya.

Selanjutnya, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto mengatakan, dalam penanganan percepatan Covid-19 di Kabupaten Asahan harus bersatu padu dalam memutuskan pandemi Covid-19 di Kabupaten Asahan yang telah menjadi wabah nasional dan menghilangkan perbedaan, apalagi mencari perbedaan pendapat yang dapat menimbulkan perpecahan.

"Mari kita tanggulangi wabah virus corona ini secara bersama-sama dan melakukannya untuk kemaslahatan serta kepentingan umat, dengan keterbatasan yang kita miliki. Berat sama dijinjing ringan sama dipikul, maka wabah virus corona ini dapat berakhir khususnya di Kabupaten Asahan," pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Asahan yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan Benteng Panjaitan, Rosmansyah, Muttaqin, Irwansyah dan Khaidir Panjaitan mengatakan, tidak meragukan lagi Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam melakukan penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Dalam penanganan Covid-19, para wakil rakyat Kabupaten Asahan tersebut juga menyampaikan, akan menyumbangkan pemikiran dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Percepatan penanganan Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita semua," ucap para anggota DPRD Kabupaten Asahan tersebut.

Selain itu, wakil rakyat tersebut juga menyampaikan, memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab semua pihak.

Kemudian, wakil rakyat tersebut juga berharap, agar pemerintah dapat memberikan perhatian kepada dunia usaha yang terkena dampak Covid-19 di Kabupaten Asahan. (DS)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top