Tidak Sah Puasa Ramadhan Jika Seseorang Membaca Niat Puasa Hanya Sekali atau Sebulan Penuh - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Tidak Sah Puasa Ramadhan Jika Seseorang Membaca Niat Puasa Hanya Sekali atau Sebulan Penuh

Mozaik
tidak sah puasa ramadhan jika seseorang membaca niat puasa hanya sekali atau sebulan penuh
Selamat datang Bulan Penuh Berkah

MEGAPOLITANPOS.COM: Jakarta-Tidak sah puasa ramadhan jika seseorang membaca niat hanya sekali atau sebulan penuh.

Kewajiban puasa adalah bagian dari rukun iman dan pelaksanannya adalah di bulan ramadlan.Sebagai pelaksanaan ibadah wajib, maka puasa mempunyai syarat dan rukun.Jika syarat dan rukun tidak terpenuhi dalam pelaksanaannya maka ibadah di nyatakan tidak syah .Didalam rukun puasa adalah niat yang di ucapkan di dalam hati pada malam hari dan menahan dari makan dan minum mulai dari fajar shodiq sampai gurubussyamsi atau tepat saat waktu Maghrib.Adapun rukun niat sebagaimana terdapat dalam hadits Tidaksyah puasa seseorang yang tidak meniatkan kefarduan pada malam hari.

Para ulama Syafii sebagaimana di nyatakan dalam kitab kitab fiqh seperti Bahjatul Wasail karya Syekh Nawawi dalam bab puasa menyatakan bahwa niat puasa wajib di nyatakan setiap malam mulai dari waktu maghrib sampai fajar shodiq.Dan bagi yang tidak niat di waktu malamnya maka puasanya tidak syah, Karena niat adalah bagian dari rukun, dan semua ibadah tidak syah bila tidak di sertai rukun.Sifat ibadah puasa adalah bagian dari ibadah Mustaqillah, Ibadah yang menyendiri dan bukan ibadah Mujtamiah atau ibadah satu kesatuan.

Karena Mustaqillah, maka andaikata pelaksanaannya batal di hari ke 7 maka hari hari Sebelumnya dinyatakan tidak batal, lain halnya dengan sholat dimana Rokaat 1 dan berikutnya adalah satu kesatuan, jika pada rokaat ke 3 batal maka rokaat sebelumnya pun menjadi batal.Puasa adalah bentuk ibadah mustaqillah dimana rukunnya adalah wajib di niatkan di setiap malam.
Maka konsekuensi dari sisi rukun adalah orang yang tidak niat puasa di dalam hati pada saat malam puasanya tidak syah dan ia wajib mengqhodo pada bulan lainnya.

Meskipun begitu Dia masih berkewajiban melaksanakan puasa di siang harinya jika Dia termasuk orang yang tidak punya uzur untuk tidak melaksanakan puasa.

Dilihat dari sisi sifat dan bentuk ibadah puasa dalam tinjauan rukun niat.Maka tidak ada puasa yg di niatkan satu kali niat untuk satu bulan.Karena rukunnya adalah niat di setiap malam.Juga tidak ada alasan untuk jaga jaga karena takut kelupaan niat.Rukun tidak bisa di ma'fu karena takut lupa.Atau alasan lain yang tidak mendasar..

Wallahu a'lam bisshowab..

Pengajian dan kajian tiap malam Jum'at oleh Ustadz Muchlis Pimpinan Pesantren dan Yayasan Asa'adah Al Chilashiyyah, Jl. Siaga Raya Pertigaan Samali Jakarta-Selatan

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top