Gara Gara Corona 43 Perusahaan Di Kota Blitar Tutup, Kabupaten Blitar Masih Aman - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gara Gara Corona 43 Perusahaan Di Kota Blitar Tutup, Kabupaten Blitar Masih Aman

Berita Daerah
gara gara corona 43 perusahaan di kota blitar tutup kabupaten blitar masih aman
Suharyono

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Hingga saat ini wabah corona masih berlanjut, pandemi corona virus covid -19 telah membawa dampak ekonomi di Kota Blitar, tak hanya di kota besar banyak perusahaan yang terpaksa tutup, namun dampak corona juga dirasakan puluhan perusahaan yang terpaksa tutup dan merumahkan ratusan karyawan diberhentikan oleh perusahaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar, Suharyono kepada wartawan mengungkapkan, imbas dari wabah Covid-19 bagi dunia usaha cukup besar, data sementara saat ini ada 43 perusahaan di Kota Blitar yang terpaksa tutup.

“Sehingga ratusan orang karyawan dirumahkan, serta belasan lainnya di PHK,” tutur Suharyono.

Akibat penutupan perusahaan sedikit nya ada 508 orang karyawan, dari 43 perusahaan yang tutup imbas wabah Covid-19 ikut terdampak.

"Di kota itu ada 314 perusahaan dengan total 9.834 karyawan. Karena ada wabah Corona 43 perusahaan tutup, akibatnya 496 karyawan dirumahkan dan 12 karyawan di PHK," jelas Suharyono.

Lanjut Suharyono dari jumlah perusahaan yang tutup itu ada13 bidang usaha. Seperti perhotelan 88 karyawan yang dirumahkan, travel 258 orang, lokasi wisata 42 orang, restoran 44 orang dan UKM merumahkan sebanyak 14 orang.

"Untuk yang dirumahkan sifatnya sementara berhenti bekerja, karena perusahaan tidak operasional. Dengan tetap mendapat gaji sesuai kesepakatan, serta kembali bekerja jika perusahaan kembali operasional," terangnya.

Maksudnya gaji yang diberikan sesuai kemampuan perusahaan, sebab karyawan tidak bekerja dan tidak ada yang dikerjakan.

"Kalau yang di PHK diberhentikan, karena perusahaan tutup seterusnya," papar Suharyono.

Diungkapkan Suharyono pihaknya akan berkoodinasi dengan Dinas Sosial, untuk mengetahui data penerima Rastrada dan BNPT. "Agar karyawan yang dirumahkan dan di PHK ini bisa mendapat bantuan sosial dampak Covid-19," ungkapnya.

Suharyono menambahkan selain mendapatkan bantuan sosial, juga diupayakan bisa mendapatkan Program Kartu Prakerja. "Diusahakan semua didaftarkan atau bisa daftar sendiri, karena nanti akan diseleksi Kemenaker," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Kabupaten Blitar Drs.Rully Wahyu Prasetyo Wanto dikonfirmasi media ini mengatakan, Sampai dengan hari ini untuk Kabupaten Blitar belum ada laporan dari perusahaan yang menyatakan tutup, dari jumlah 343 perusahaan dengan nilai investasi 500 juta ke atas.

"Sampai hari ini kami belum menerima laporan dari sejumlah perusahaan yang tutup dengan adanya pandemi virus corona covid-19," kata Rully, Jumat (17/04/2020).(za)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top