Kajari Blitar Siapkan Tiga Jurus Jitu Pengawasan Refocusing Agar Tepat Sasaran - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kajari Blitar Siapkan Tiga Jurus Jitu Pengawasan Refocusing Agar Tepat Sasaran

Berita Daerah
kajari blitar siapkan tiga jurus jitu pengawasan refocusing agar tepat sasaran
Kajari Blitar Bangkit Sormin (Kiri)

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Hasil pengumpulan anggaran refocusing dari masing-Satker OPD Kabupaten Blitar untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) di Kota dan Kabupaten Blitar mencapai Rp 389 miliar harus mendapatkan pengawasan ketat penggunaannya agar tidak disalahgunakan.

Untuk itu Kejaksaan Negeri (Kejari) Blitar telah menyusun 3 jurus skema pengawasan, penggunaan dana penanganan Virus Corona (Covid-19) dan mengancam akan menuntut hukuman lebih berat.
kepala Kejaksanaan Negeri Blitar, Bangkit Sormin kepada wartawan mengatakan, upaya pencegahan penyelewengan, penyalahgunaan dan korupsi anggaran yang total nilainya mencapai ratusan miliar.

"Dikarenakan saat ini negara dalam kondisi bencana nasional, jadi OPD jangan justru manfaatkan moment untuk korupsi,” tegas Bangkit.

Lanjut Bangkit, ke 3 skema pengawasan, untuk pencegahan penyelewengan dana penanganan Covid-19 tersebut.

“Yaitu double/duplikasi anggaran, dibayarkan untuk kegiatan fiktif untuk kepentingan oknum menperkaya diri sendiri,” papar nya .

Untuk pengawasan tersebut piha nya akan melibatkan semua komponen yang ada,termasuk peran media,dan LSM jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan situasi bencana nasional saat ini.

“Berdasarkan undang-undang korupsi menyatakan, pelaku korupsi dana bencana bisa diruntut jauh lebih tinggi dibanding dengan kondisi normal,” tegas Bangkit

Ditambahkan Bangkit jadi protap nya jelas sesuai kewenangan Kejaksaan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi .

"Maka kami minta semua pihak tertib, disiplin dan tidak main-main dalam menggunakan dana bencana Covid-19 ini," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar Khusna Lindarti S.Sos.MM. ditemui wartawan diruang kerjanya (16/04/2020) mengatakan, perlu diketahui oleh masarakat dana penanganan Covid-19 ini, untuk Pemkab Blitar menyiapkan anggaran 208 m, masih terealisasi 151m dari potensi penurunan pendapatan sekitar Rp57 milyar, dana tersebut hasil dari refocusing tahap 1 dan tahap 2 realokasi anggaran sebesar 30 persen yang bersumber dari semua pos anggaran seperti APBN, maupun APBD dan lain-lain termasuk DAK dalam Tahun Anggaran 2020. Ini masih sementara refocusing pergeseran anggaran semua OPD di Kabupaten Blitar .



Khusna Lindarti

"Dana tersebut, digunakan untuk 2 bidang yaitu kesehatan yaitu alat kesehatan, alat pendukung tenaga medis dan sarpras seperti desinfektan, handsanitizer, sabun cuci tangan dan lainnya. Serta kedua, untuk bantuan sosial penanganan dampak ekonomi terhadap warga miskin, pelaku usaha dan pekerja non formal," kata Khusna Lindarti .(za)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top