Data Penderita Covid19 Beredar, Begini Kata Dinkes Kabupaten Tangerang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Data Penderita Covid19 Beredar, Begini Kata Dinkes Kabupaten Tangerang

Kab Tangerang
data penderita covid19 beredar begini kata dinkes kabupaten tangerang
Ilustrasi

MEGAPOLITANPOSCOM, Kabupaten Tangerang - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengklarifikasi beredarnya data penderita covid-19 di media sosial
melalui grub WhatsApp, Instagram dan lainnya di masyarakat Kabupaten Tangerang.

Data penderita covid19 tersebut tertulis nama, alamat lengkap, janis kelamin dan umur penderita yang sedang dirawat di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardianti, MARS, menegaskan bahwa nama-nama pasien covid 19 yang beredar di medsos tersebut hoaks.

Pemerinta Kabupaten Tangerang dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak pernah menerbitkan data-data tersebut. Karena itu kami mengklarifikasi bahwa data itu tidak benar.

" Dinkes tidak pernah menerbitkan data -data penderita covid 19 di Kabupaten Tangerang," kata nya, Selasa (14/4/2020).

Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten Hilman mengatakan pemerintah daerah harus menyampaikan perkembangan penanganan covid-19 di daerah masing-masing terutama jumlah penderita covid dan sebaran di wilayah atau kecematan dan desa.

Hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, baik informasi berkala, informasi Serta Marta dan informasi setiap saat.

Dia mengakui informasi data pasien merupakan informasi yang dikecualikan berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dan merupakan informasi yang rahasia berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

"Data pasien merupakan Informasi yang dikecualikan berdasarkan UU keterbukaan informasi publis dan termasuk informasi yang rahasia berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan," ujar Hilman yang dihubungi melalui Whastap.(Maya).

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top