DPRD Kabupaten Blitar Minta Anggaran Untuk Penanganan Covid-19 Jangan Diselewengkan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

DPRD Kabupaten Blitar Minta Anggaran Untuk Penanganan Covid-19 Jangan Diselewengkan

Berita Daerah
dprd kabupaten blitar minta anggaran untuk penanganan covid-19 jangan diselewengkan
Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-DPRD Kabupaten Blitar minta anggaran untuk penanganan Covid-19 jangan diselewengkan.

Dua pekan terahir Komisi III DPRD Kabupaten Blitar telah melakukan Rapat Kerja Mitra Komisi seperti Dinas PU Bina Marga, Dinas Permukiman Perumahan Rakyat, Dinas Kominfo, Bagian Umum dan Perlengkapan dan Dinas-Dinas lain yang terkait dengan Bidang kerja Komisi.

Pada pokok bahasan para mitra kerja komisi III DPRD Kabupaten Blitar menyampaikan laporan refocusing anggaran untuk konsentrasi penuh terhadap penanganan disease Covid-19 di Kabupaten Blitar. Dengan demikian sejumlah proyek yang sekiranya tidak begitu penting bisa ditunda demi mengefektifkan pemutusan rantai penyebaran virus covid-19.

Ketua Komisi III Sugiyanto melalaui sekertaris Komisi Panoto Minggu (12/03/2020) menegaskan ini masalah serius Bangsa Indonesia yang dilanda wabah, ini penting dan perlu digaris bawahi penanganan virus corona kususnya di Kabupaten Blitar harus menjalakan standart protokoler Pemerintah Pusat, termasuk patuh dengan Surat Edaran Menteri Keuangan serta maklumat Kapolri .

"Terkait anggaran ini masalah yang harus di cermati serius penggunaannya, agar tidak terjadi penyelewengan, kami mendukung agar proyek-proyek saat ini berhenti dahulu. Guna mendukung Pemerintah Pusat yang tengah gencar-gencarnya melindungi rakyatnya dari serangan virus covid-19," ujarnya.

Panoto yang diberangkatkat dari Partai Kebangkitan Bangsa saat dihubungi via nomor ponselnya menjelaskan ia berpesan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam refocusing benar-benar untuk penanganan Covid-19. Karena bukan hanya sisi kesehatan saja, sosial ekonomi di masyarakat ikut terdampak dan itu adalah tanggung jawab pemerintah.

"Kami dari Komisi III tidak ingin dana dari hasil pergeseran anggaran APBD untuk penanganan Covid-19, dimainkan oleh sejumlah pihak untuk mencari keuntungan. Sebab ini masyarakat mulai mengeluhkan dampak sosial distancing yang mulai menggerogoti perekonomiannya,” tegasnya.

Sejak dilakukan Rapat Kerja dengan Mitra Kerja DPRD Kabupaten Blitar yang telahn melaporkan pergeseran anggaran atau refocusing penanganan Covid-19.

Diantaranya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) melaporkan Refocusing sebesar Rp 11.889.000.000,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaporkan refocusing sebesar Rp 4 miliar, Bagian Umum Setda Rp 3,9 miliar, dan Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) sebesar Rp 840 juta.

"Refocusing anggaran ini harapannya agar dampak Corona segera ditanggulangi. Kepada OPD harus benar-benar mempersiapkan kalau punya kegiatan tidak betul-betul urgen lebih baik ditinggal dulu,” pungkas Panoto .

Dalam penanggulangan wabah corona ini kita harus bahu mebahu bersama-sama komponen masarakat, baik itu dari kalangan Legeslatif, Pemerintah Daerah maupun para pengusaha swasta, untuk turun tangan memberikan langkah kongkrit utamanya terhadap keluarga yang masih jauh berada di garis kemiskinan .( za )

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top