Disnakertrans Kabupaten Blitar Menutup Layanan Pengurusan Izin Calon Pekerja Migrant Indonesia (CPMI) Untuk Mencegah Penyebaran Covid - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Disnakertrans Kabupaten Blitar Menutup Layanan Pengurusan Izin Calon Pekerja Migrant Indonesia (CPMI) Untuk Mencegah Penyebaran Covid

Berita Daerah
disnakertrans kabupaten blitar menutup layanan pengurusan izin calon pekerja migrant indonesia cpmi untuk mencegah penyebaran covid
Kepala Disnakertrans Kabupaten Blitar

MEGAPOLITANPOSCOM, Blitar-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar menutup layanan pengurusan izin calon pekerja migrant Indonesia (CPMI) untuk mencegah penyebaran Covid.

Hal tersebut menjadi kebijakan yang ditempuh Haris Susanto Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar.

Disampaikan lebih lanjut dalam konverensi Pers nya Haris menutup layanan pengurusan izin calon pekerja migrant Indonesia (CPMI) untuk mencegah penyebaran Covid 19 .

Hal ini menindak lanjuti surat edaran Disnaker Pemprov Jatim nomor 094/2275/108/2020, yang berisi enam arahan yang harus dilakukan disnaker kab/kota.

Dalam point ke satu disebutkan, untuk sementara waktu tidak melayani registrasi CPMI biometrik/ID CPMI. Memastikan pekerja CPMI yang saat ini berada atau menginap di BLKN atau penampungan dalam kondisi tidak terpapar covid-19.

"Kami sudah pastikan kalau surat edaran itu memang benar. Karena dari negara tujuan tidak ditutup dan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) tidak dibatasi. Dengan adanya surat edaran ini, maka kami ada dasar untuk menutup layanan sejak tanggal 17 Maret 2020," kata Kadisnakertrans Pemkab Blitar, Senin (06/04/2020).

Haris mengaku, saat ini pihaknya sedang menyempurnakan aplikasi pengurusan ID CPMI secara online. Karena selama ini, meski aplikasi online telah disediakan tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh CPMI.

Dalam aplikasi yang ada sekarang, ada beberapa tahapan yang mengharuskan CPMI tetap datang ke kantor disnakertrans di Jalan Imam Bonjol no 7 Kota Blitar.

"Ini kami sempurnakan aplikasi sistem informasi tenaga kerja (Sinaga). Karena dengan sistem ini, jika negara tujuan tidak ditutup, ada peluang kebutuhan sesuai kemampuan CPMI dan terintegtasi dengan SiskoTKLN, maka ID CPMI bisa selesai dalam sehari," imbuhnya.

Haris menambahkan, selama masa lockdown ini pihaknya akan memperbanyak intensitas sosialisasi pola hidup sehat kepada PJTKI. Utamanya memberikan materi pola penyebaran, penularan dan bagaimana antisipasi corona.

Data yang tercatat di Disnakertrans Pemkab Blitar, pada tahun 2020 ini telah memberangkatkan sebanyak 684 PMI ke berbagai negara. Dengan perincian, ke Hongkong 290 PMI, Taiwan 321, Brunei Darussalam 12, Malaysia 35 dan Singapura sebanyak 23 PMI.

Sedangkan untuk wilayah Timur Tengah, hanya ke Kuwait sebanyak 2 PMI. Dan daratan Eropa ke negara Polandia sebanyak 1 PMI.

Informasi data kepulangan Pekerja migran Indonesia untuk kabupaten blitar terdaftar di kantor Disnakertrans Kabupaten Blitar sebanyak 301 orang hingga April Minggu ini (za)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top