Pertemuan Kementerian Kominfo Dengan Dewan Pers, Ada Lima Poin Usulan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pertemuan Kementerian Kominfo Dengan Dewan Pers, Ada Lima Poin Usulan

Peristiwa
pertemuan kementerian kominfo dengan dewan pers ada lima poin usulan
Wartawan saat menjalankan tugas

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Kementerian Kominfo RI bersama dengan Dewan Pers melakukan pertemuan terkait Covid-19, Jumat malam lalu (03/04/2020), dengan menghasilkan lima poin usulan kepada pemerintah khususnya Daerah. Adapun ada 5 poin disampaikan Ketua Dewan Pers M. Nuh. Diantaranya:



1. Usulan kepada Pemerintah untuk memberikan stimulus pada perusahaan pers. Berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) dan atau langkah pemberian keringanan pajak, khususnya kepada media cetak di daerah yang kian terpuruk akibat naiknya Dollar AS. Kondisi ini memicu kenaikan harga kertas, dilain pihak perusahaan pers juga menghadapi menurunnya pendapatan dari iklan dan berkurungnya pembeli/pembaca, serta naiknya biaya operasional.

2. Memasukkan wartawan dalam kelompok masyarakat yang mendapat fasilitas Jaringan Pengaman Sosial, khususnya wartawan profesional (yang telah tersertifikasi) dari media di daerah.

3. Dewan Pers dan Kemenkominfo mendorong Pemerintah daerah untuk dapar berkontribusi dalam perlindungan kerja wartawan melalui bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi wartawan yang bertugas khususnya yang meliputi Covid-19 dan event terkait.

4. Perang terhadap Covid-19 membutuhkan peran serta media dalam menyajikan informasi yang layak dipercaya. Media selayaknya menjadi rumah penjernih informasi bagi public. Informasi media tidak selalu selaras dengan informasi resmi pemerintah, karenanya diperlukan proses saling mengecek dan menguatkan.

5. Media Massa telah menunjukkan peran aktif dalam membantu memerangi Covid-19 dan akan terus melanjutkan partisipasi sampai Indonesia terbebas dari Covid 19. Dewan Pers akan senantiasa mendorong upaya ini. (Red)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top