Sejumlah 314 Panitia Ad Adhoc Dibekukan Sementara Oleh Bawaslu Kabupaten Blitar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sejumlah 314 Panitia Ad Adhoc Dibekukan Sementara Oleh Bawaslu Kabupaten Blitar

Berita Daerah
sejumlah 314 panitia ad adhoc dibekukan sementara oleh bawaslu kabupaten blitar
Abdul Hakam Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar

MEGAPOLITANPOSCOM, Blitar-Lantaran virus corona ( Covid-19) Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Blitar menonaktifkan sebanyak 314 panitia ad hoc Pilkada 2020.

Keputusan pemberhentian itu seperti, Pengawas Kecamatan ada 66 orang, 248 pengawas tingkat Desa/Kelurahan
yang yersebar di 22 Kecamatan di Kabupaten Blitar.

Menurut Ketua BAWASLU Abdul Hakam Sholahuddin, hal ini menyusul wabah virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia (1/04/2020).

"Ini sesuai Surat Edaran (SE) Ketua Bawaslu RI No. 0252/2020 dan Surat Ketua Bawaslu RI No. 0255/2020 tentang Pemberhentian Sementara Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa," kata Hakam.

Dengan situasi saat ini dan sesuai arahan dari Bawaslu RI, bahwa Bawaslu Kabupaten Blitar memutuskan, memberhentikan sementara Panwas Kecamatan se-Kabupaten Blitar. Walaupun diberhentikan, mereka masih menerima honorarium kerja pada bulan Maret 2020. Selanjutnya tidak ada tugas pengawasan .

"Penyebaran Virus Corona sudah terasa hingga ke Blitar Raya. Ini berimplikasi terhadap penundaan beberapa tahapan Pilkada 2020 oleh KPU," lanjutnya .

Abdul Hakam menambahkan pemberhentian sementara masa tugas ini karena beberapa tahapan Pilkada ditunda untuk memutus rantai penyebaran virus dengan mengurangi kerumunan orang.

Darurat sipil dampak Covid 19 dan Bawaslu Kabupaten Blitar menerbitkam surat No. 006/K.JI-03/HK.01.01/III/2020 tentang pemberhentian sementara 66 panwaslu kecamatan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020 se-Kabupaten Blitar, serta 286 panwaslu desa, berlaku sejak 1 April 2020.

"Semua panwas ad hoc yang telah dilantik akan dinonaktifkan sementara.tidak aktivitas pengawasan," pungkasnya.ZA


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top