Pemkab Tangerang Anggarkan Biaya Tanggap Darurat Covid 19 30-40 Miliar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemkab Tangerang Anggarkan Biaya Tanggap Darurat Covid 19 30-40 Miliar

Kab Tangerang
pemkab tangerang anggarkan biaya tanggap darurat covid 19 30-40 miliar
Bupati Tangerang

MEGAPOLITANPOSCOM, Kabupaten Tangerang - Semakin merebaknya Wabah corona diliwilayah Kabupaten Tangerang, hal itu pemerintah kabupaten Tangerang menetapkan Kabupaten Tangerang sebagai daerah tanggap darurat bencana wabah penyakit Corona Desease 2019 (COVID-19).

Dalam surat Keputusan Bupati Tangerang soal wabah Corona itu tertuang dalam SK Bupati bernomor 440/ Kep 273/ huk 2020 tertanggal 23 Maret 2020.

Pemerintah kabupaten Tangerang juga menetapkan bahwa biaya yang diperlukan untuk tanggap darurat bencana wabah Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut sudah tertuang dalam SK tertanggal 23 Maret 2020 dan memutuskan hal yang berkaitan dengan darurat bencana tersebut.

"Anggarannya dari APBD yah, dan sumber-sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Bupati Ahmed Zaki Iskandar,, Kamis (26/03/2020).

Ia memperkirakan alokasi anggaran untuk penanganan wabah virus Corona di Kabupaten Tangerang totalnya sekitar Rp30-40 miliar.

“Antara Rp 30- Rp 40 miliar maksimum APBD yang mungkin bisa dialokasikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Muhammad Hidayat menjelaskan bahwa dana yang disiapkan berasal dari anggaran Dinas Kesehatan.

"Selain berasal dari anggaran pada Dinas Kesehatan, RSUD dan BPBD. Juga berasal dari dana tak terduga yang sudah disiapkan sebesar Rp10 miliar," jelasnya.

Sedangkan, Biaya Tidak Terduga (BTT) yang berasal dari APBD Kabupaten Tangerang tahun 2020 ini, sengaja disiapkan untuk bantuan bencana dalam kondisi darurat.

“Kemungkinan kita menggeser alokasi anggaran yang dinilai kurang prioritas untuk dialihkan dana penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Kendati demikian, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Tangerang tahun 2020 akan ada perubahan dan besaran anggaran yang dibutuhkan secara pasti masih berubah, tentu akan mengikuti perkembangan kebutuhan.(Maya).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top