Kecamatan Neglasari, Gali Pontensi Melalui Seni Budaya Batik - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kecamatan Neglasari, Gali Pontensi Melalui Seni Budaya Batik

Kota Tangerang
kecamatan neglasari gali pontensi melalui seni budaya batik
Pelatihan membatik di Kecamatan Neglasari

Kecamatan Neglasari, galipontensimelalui Seni Budaya Batik

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang - Pelatihan membatik yang dilaksanakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang. Di aula Kelurahan Mekasari Kecamatan Neglasari banyak mengundang minat masyarakat setempat, Selasa (10/03/2020).

Banyaknya minat warga sampai mencapai 36 peserta, akhirnya mengundang perhatian camat Neglasari dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap bahwa kegiatan membatik dapat dikembangkan dan menjadi penghasilan sendiri bagi masyarakat Neglasari.

Camat Neglasari, Ubaidillah Anshar mengatakan bahwa pemasaran dapat dilakukan melalui hotel, travel, bentuk-bentuk pameran dan sebagainya. Ia juga berharap dengan pemasaran atau promosi batik tersebut juga dapat membantu ekonomi masyarakat.



"Program ini harus ada tindak lanjut, dari OPD terkait, bagaimana setelah mereka bisa membatik. Bagaimana cara untuk pemasaran itulah tugas dari OPD, setelah Meraka di bina inikan bisa menjadi ekonomi buat masyarakat dan mampu menggantung hidupnya dari sisi ekonomi dari hasil pembuatan batik," ungkap Ubed panggilan akrabnya.

Lanjutnya daerah Neglasari itu bagian dari wilayah yang dikenal. Daerah ini disebut dengan daerah Sewan yang banyak dikenal dari hasil kuliner serta seninya. Diantaranya Tauco, dodol, kecap, seni gambang kromong, tari Lio dan lain-lain. Karena daerah ini awalnya sebagai budaya Tionghoa peranakan, tinggal dilestarikan saja, apalagi dengan pelatihan membatik ini bisa menjadi seni batik bagus sesuai kultur wilayah Negrasari dengan corak batik Lio sewan.

"Inikan bagian dari gali pontensi budaya Tangerang, saya rasa sah-sah saja karena budaya yang paling tua cuma di Neglasari dengan eknis Tionghoanya, penuh dengan ciri seni dan kuliner khasnya. Dan ini bisa menjadi nilai ekonomis yang sangat tinggi,' pungkasnya. (mg-Re2/amr)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top