Bersama BPBD Kota Padang Kelurahan Air Tawar Barat Luncurkan Cerdas Bencana - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Bersama BPBD Kota Padang Kelurahan Air Tawar Barat Luncurkan Cerdas Bencana

Berita Daerah
bersama bpbd kota padang kelurahan air tawar barat luncurkan cerdas bencana
Penyuluhan

MEGAPOLITANPOSCOM, Padang - Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD )Pemerintahan Kota Padang Kelurahan Air Tawar Barat meluncurkan program Kelurahan Cerdas Bencana, Program ini melibatkan Camat, Rt/Rw, lPM, Babinsa, narasumber dari BPBD ,Guru, pegawai puskesmas, seta masyarakat bertempat di aula kelurahan Air tawar barat kec. Padang Utara, Maret 2020.

Program tersebut sebagai upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana alam dengan menyakup seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali, warga masyarakat yang melaksanakan aktivitas di Air Tawar Barat yang juga tak lepas dari kerentanan bencana alam.

Dengan resmi acara ini di buka oleh camat Fajar Sukma Padang Utara dalam sambutanya menyapaikan, bahwa kelurahan cerdas bencana ini adalah kelurahan yang mengantisifasi tentang kesiapan masyarakat dalam hal bencana gempa bumi dan sunami mungkin juga kedepan nya seperti banjir,Angin puting beliung dan sebagai nya.

Masyarakat kita dberi perbekalan tentang bagaimana mengantisfasi bencana ~ bencana tersebut,kita tidak bisa menghalang ~ halangi bencana itu datang cuma mengantisifasi dengan meningkatkan kapasitas masyarakat maka kita bisa menganalisir kerugian dampak.yang lebih besar, makanya kapasitas seperti apa yang kita inginkan memberikan pemahaman ~ pemahaman serta kesiap siagaan terhadap bencana tersebut.

"Sekarang kita bisa berpikir Air Tawar barat termasuk Zona merah dari pemetaan yang ada di BPBD, jadi ada Zona merah,Zona kuning dan Zona hijau, di tarik 3 kilo atau 2 kilo meter dari bibir pantai termasuk Zona hijau, masuk 3kilo meter itu zona kuning ,3 sampai 5 kilo dekat bypas itu hijau," ungkap Fajar Sukma.

Sementara, Lurah air tawar barat Suwondo S.Sos juga menyampaikan, Kelurahan Air tawar barat berpenduduk yang terdaftar di capil sekitar 5, 870 juta jiwa termasuk mahasiswa yang berdomisili sementara yang kuliah di UNP 5 ribu lebih termasuk masyarakat luar yang beraktivitas berjualan, anak ~ anak sekolah, SMA, SMP, SD dan TK dan tidak berdomisili disini tapi beraktivitas disini, kalau kita hitung jumlah penduduk air tawar barat sampai 25 ribu orang yang beraktivitas dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. Ini lah yang harus kita bekali bagaimana menhadapi bencana bila terjadi.

"Untuk itu penanganan mitigasi bencana harus dilakukan secara intens, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi setiap ancaman bencana," ungkapnya.

Suwondo S.Sos menjelaskan, kelurahan air tawar barat memang rentan terhadap bencana sebagai kelurahan etalase bencana. Menurutnya, kondisi geografisnya serta potensi keindahan alamnya yang mempesona bersanding dengan topografinya berupa pantai dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ombaknya cukup tinggi. Selain itu, risiko bencana lain yang dapat mengadang setiap saat adalah gempa bumi dan tsunami.

"Kami menginginkan perangkap beserta masyarakat yang ada di kelurahan harus cerdas dalam mitigasi bencana. Salah satunya melalui program kelurahan Cerdas Bencana ini," jelasnya.

Suwondo S.Sos juga menginkan kelurahan cerdas ini di laksankan untuk Masyarakat kita yang ada di air tawar barat ini lebih memahami lagi gimana melaksanakan kegiatan evakuasi bencana karna dengan padat nya penduduk di siang hari sampai malam sore hari dan akses jalan yang keci dan sempit, maka nya dimunculkan kegiatan ini yang di supor oleh BPBD kota Padang dengan terpilih nya kelurahan kita kelurahan cerdas bencana.

"Untuk Tempat evakuasi sementara (TES) tidak hanya di UNP saja, kalau kita tempatkan di UNP itu tidak muat apalagi bangunan unp anya bisa menampung mahasiswa, staf ~ staf dan karyawan nya saja dan ini mencerminkan hasil dari kegiatan program cerdas bencana, kalau kita menghandal kan gedung UNP dan mengunakan jalan evakuasi tidak memungkinkan, jalan satu ~ satu nya kita mengunakan evakuasi Vertikal seperti shalter," ucapnya.

Sementara, Narsum dari BPBD Kota Padang justin juga menambahkan, bahwa Bencana merupakan salah satu ancaman bagi masyarak ,Untuk itu mari lah kita membangun budaya kesiapsiagaan khususnya warga masyarakat yang beraktifitas di kelurahan Air tawar Barat baik. (Bunga)


Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top