Pengamat : Djarot dan Sandiaga Uno Paling Ideal Pimpin Jakarta - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pengamat : Djarot dan Sandiaga Uno Paling Ideal Pimpin Jakarta

Peristiwa
pengamat djarot dan sandiaga uno paling ideal pimpin jakarta
Djarot-Sandiaga Uno

Megapolitanpos.com. Jakarta. Peta pencalonan Gubernur DKI semakin marak, jelang semakin dekatnya pendaftaran calon di KPUD DKI suasana politik di DKI Jakarta semakin berwarna dengan banyaknya tokoh yang menyatakan siap maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Dari pantauan tim Megapolitanpos.com sejumlah nama yang sering mencuat di media sosial seperti : Djarot Syaiful Hidayat (wakil gubernur DKI saat ini), Syafrie Syamsudin (Wakil Menteri Pertahanan Indonesia era SBY), Tri Rismaharini (walikota Surabaya saat ini), Sandiaga Uno (pengusaha), Muhammad Rifky atau yang akrab dipanggil Eki Pitung (tokoh muda Betawi), Basuki Tjahja Purnama (Gubernur DKI saat ini), dan Edysa Girsang (Aktivis 98).

Pengamat Politik dari Institute Public Participation (IPP) Heru Santoso, menyatakan dalam keterangan persnya kepada Megapolitanpos.com bahwa banyaknya nama yang bermuculan sebagai bakal calon gubernur DKI adalah merupakan bentuk reaksi terhadap kepemimpinan Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama -akrab dipanggil Ahok- yang di nilai publik banyak menimbulkan permasalahan dalam penerapan kebijakan pemerintah DKI.

Terutama dalam kasus penggusuran dan reklamasi pantai utara Jakarta yang berujung pada merosotnya popularitas Ahok, ditambah dengan kasus dugaan korupsi (pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Suap Raperda reklamasi pantai utara Jakarta, dan pembebasan lahan taman BMW-red) yang membelit mantan politisi Golkar tersebut.

Namun, lanjut Heru Santoso yang juga mantan aktivis 98 ini dari sekian nama yang mencuat IIP menilai hanya dua nama yang ideal mengantikan kepemimpinan Ahok di 2017 nanti yaitu Djarot Syaifulah Hidayat dan Sandiaga Uno. Menurutnya jika Djarot dipasangkan dengan Sandiaga Uno maka akan menjadi pasangan ideal yang akan membawa harapan besar warga DKI untuk perbaikan DKI Jakarta.

Figur Djarot sebagai politisi kalem namun tegas serta pengalamannya memimpin kota blitar dan provinsi DKI dianggap oleh Heru Santoso sebagai figur yang mupuni dalam menangani problem DKI secara persuasif dengan mengedepankan dialog namun penuh dengan ketegasan.

Semakin lengkap didampingi oleh Sandiaga Uno yang sukses dalam berbagai bidang usaha dan memiliki kemampuan mengatur birokrasi dengan handal serta diyakini akan mampu membenahi persoalan kesejahteraan dan perbaikan ekonomi warga DKI.

Dilihat dari keterwakilan suku jika Djarot dan Sandiaga dipasangkan menurut Heru Santoso akan memungkinkan didukung oleh mayoritas suku yang terdapat di Jakarta mengingat figur keduanya merupakan kombinasi keterwakilan suku tersebut. Dimana Djarot merupakan menjadi figur yang mewakili suku Jawa yang merupakan suku terbesar di DKI Jakarta yaitu 35,16%.

Sementara figur Sandiaga Uno mewakili keterwakilan suku asal sulawesi yang sekitar 3% namun perlu diingat Sandiaga Uno adalah menantu dari tokoh Betawi salah satu pendiri Bamus Betawi dan suku Betawi merupakan suku terbesar kedua setelah Jawa yaitu 27,65%, paling tidak mereka berdua pada pilkada DKI 2017 ini akan didukung 35% warga DKI yang terdiri dari multi etnis ujar Heru Santoso.

Heru Santoso juga menambahkan jika dilihat dari prosentase jumlah suara yang didapat dari partai pendukung jika kedua orang ini dipasangkan yaitu PDIP dan Gerindra maka akan mutlak mendapat mendapat dukungan 60% dari total pemilih partai PDIP dan Gerindra di DKI pada pemilu legislatif 2014 kemarin mengingat pemilih kedua partai ini banyak didominasi pemilih fanatik, dimana PDIP mendapat total suara 1.410.173 suara dan partai Gerindra dengan total suara 610.780 suara. (AN)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top