Rekan Indonesia Tangsel Minta Pemerintah Serius Tanggulangi Dampak Virus Corona - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Rekan Indonesia Tangsel Minta Pemerintah Serius Tanggulangi Dampak Virus Corona

Politik
rekan indonesia tangsel minta pemerintah serius tanggulangi dampak virus corona
Deni Martanti, Ketua Rekan Indonesia Tangsel

MEGAPOLITANPOS.COM. TANGSEL- Wabah virus Corona terus menjadi momok yang menakutkan. Apalagi informasi terkait virus corona juga dibumbumi dengan informasi yang tidak benar sehingga hanya semakin menimbulkan rasa takut di tengah rakyat.

Ini terbukti dengan reaksi rakyat ketika pemerintah mengumumkan ada dua warga Depok positif Covid 19, rakyat yang sedang dalam ketakutan akibat informasi yang salah semakin ketakutan dan melakukan panic buying pada barang kebutuhan pokok, masker dan cairan antiseptic.

Hal ini disampaikan oleh Deni Martanti, ketua Kolektif Pimpinan Daerah (KPD) Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Kota Tangerang Selatan, dalam siaran persnya yang disampaikan hari ini (4/3) di Pamulang, Banten.

"Sangat disayangkan respon lambat pemerintah terkait antisipasi virus ini. Padahal pemerintah Cina sudah mengumumkan kewaspadaan terhadap virus corona yang mewabah di wuhan desember lalu." Ungkap Deni panggilan akrab Deni Martanti.

Menurut Deni, seharusnya pemerintah melakukan tindakan preventif dengan cepat. Yaitu dengan menutup penerbangan keluar negeri dan masuk ke dalam negeri seperti yang telah dilakukan negara-negara lain. Halmitu untuk mencegah penyebaran virus ini di Indonesia.

"Apalagi kita ketahui bersama bahwa 2 warga Depok yang terjangkit virus tersebut dikarenakan telah melakukan kontak dengan warga negara asing. Itu artinya kewaspadaan negara kita sangat lemah dengan virus yang sedang mewabah di dunia" tegas Deni.

Deni pun menyayangkan sikap pemerintah yang mengumumkan adanya kasus positif corona tanpa adanya persiapan untuk memgantisipasi efek kejut dari rakyat terhadap pengumuman pemerintah tersebut. Ini terbukti dengan semakin langkanya masker dan antiseptik dipasaran dikarenakan adanya pihak-pihak yang menimbun untuk mendapatkan keuntungan dari situasi ini.

Terkait hal ini, Deni meminta pemerintah harus menindak tegas pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, karena hal tersebut hanya akan menambah kepanikan warga karena tidak terpenuhinya kebutuhan akan masker.

"Langkanya masker dan anti septic akan membuat kondisi semakin buruk. Masker dan antiseptic sangat dibutuhkan untuk rakyat yang menderita batuk, dan flu yang disertai demam, guna mencegah penularan yang lebih luas dan mengantisipasi adanya indikasi infeksi virus corona" jelas Deni.

Selain itu, Deni juga berharap pemerintah untuk terus memberikan sosialisasi terhadap virus corona ini kepada rakyat agar rakyat memahami informasi yang tepat dan benar terkait virus corona, sehingga dapat tercipta situasi yang kondusif di rakyat tanpa harus dicekam rasa takut dan panik.

Deni juga mengingatkan kepada seluruh rakyat untuk tetap tenang dan tidak takut berlebihan, dan yakin bahwa kita bisa mengatasi wabah virus corona ini dengan cepat dan tuntas. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan tindakan preventif dari warga dengan dimulai dari diri sendiri yaitu dengan mepakukan 7 langkah preventif yaitu :

Pertama mendata warga disekitar lingkungan yang sedang sakit, terutama yg sedang flu.

Kedua jika ada yang sedang sakit flu dan demam ajak atau bawa ke puskesmas terdekat agar mendapat penanganan medis.

Ketiga tetap pantau terus kondisinya.

Keempat jika sampai 3 hari kedepan kemudian masih sakit segera hubungi petugas medis dipuskesmas terdekat untuk datang dan melakukan pemeriksaan.

Kelima adalah melakukan sosialisasi pencegahan virus corona dng tetap menjaga kesehatan dan sering mencuci tangan setelah memegang sesuatu.

Keenam tidak berlama-lama dalam keramaian atau tempat umum jika harus dilakukan gunakan masker.

Ketujuh ajak warga untuk membuat masker dari bahan kain yangada karena harga masker dipasaran yg melonjak tinggi.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top