Indo-Barometer Ngawur, Tak Miliki Integritas Ilmiah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Indo-Barometer Ngawur, Tak Miliki Integritas Ilmiah

Politik
indo-barometer ngawur tak miliki integritas ilmiah
Direktur Eksekutif Indonesia Development Research, Fathorrahman Fadli

MEGAPOLITANPOS.COMJakarta, Indonesia Development.Research (IDR) menuding keras Indo Barometer pimpinan Muhammad Qodari Politik telah menjadi alat propaganda politik kekuatan politik tertentu, untuk menjerumuskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hasil survei Indo Barometer itu sulit dinalar secara ilmiah, saya sangat ragu, survei itu dilakukan secara ketat berdasarkan prinsip-prinsip dan metodologi ilmiah," jelas Direktur Eksekutif Indonesia Development Research, Fathorrahman Fadli di Jakarta, Senin 17 Februari 2020

Menurut lembaga survei ini, bahwa g
Gubernur Jakarta yang terbaik dalam mengatasi banjir berdasarkan urutan adalah Ahok 42%, Jokowi 25%, dan Anies Baswedan 4,1%.

Fathorrahman Fadli menilai survei Indobarometer itu cenderung provokatif, tendensius, dan tidak berdasarkan ukuran-ukuran dan standar ilmiah yang baku.

Fatur menunjuk pada beberapa kejanggalan yang muncul mulai jumlah sampel yang digunakan, luasan populasi, hingga hasil survei yang sangat menggangu dan meremehkan rasio dan nalar masyarakat ilmiah.

Fatur menjelaskan, dari aspek penentuan populasi dimana seluruh Indonesia menjadi populasi adalah jelas sangat ngawur. "Itu sama dengan membunuh semut pakai bazooka, tidak nyambung bukan?" Jelas Fatur dengan nada prihatin.

Dari aspek penentuan jumlah sampel yang hanya 1.200 untuk populasi 250 juta penduduk adalah ngawur. Fatur mempertanyakan, teori apa yang digunakan oleh Qodari dalam penentuan sampel seluas populasi Indonesia.Pungkasnya

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top