Fraksi PSI Sebut Izin Pusat Kuliner Pluit Ternyata Dikeluarkan Oleh Gubernur DKI - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Fraksi PSI Sebut Izin Pusat Kuliner Pluit Ternyata Dikeluarkan Oleh Gubernur DKI

Politik
fraksi psi sebut izin pusat kuliner pluit ternyata dikeluarkan oleh gubernur dki
Izin Pusat Kuliner Pluit

MEGAPOLITANPOSCOM, Jakarta-Pemprov DKI berencana membangun Pusat Kuliner Pluit. Rencana ini menimbulkan polemik karena dalam lahan tersebut ternyata termasuk zona ruang terbuka hijau (RTH) dengan sub zona jalur hijau. Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta menilai gubernur DKI Jakarta memiliki peran sentral dalam persoalan ini.

Dari papan proyek yang dipasang di lokasi pembangunan, di sebelah kiri atas tertulis bahwa kegiatan ini mendapatkan izin Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) pada tanggal 8 Februari 2018.

Sesuai Permendagri No. 116 tahun 2017 tentang Koordinasi Penataan Ruang Daerah, gubernur memimpin BKPRD dan bertanggung jawab atas penataan ruang daerah provinsi. Sementara itu, berdasarkan Perda No. 1 tahun 2014 mengenai Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi, untuk luas lahan tertentu, hanya gubernur yang bisa memberikan izin melalui rapat BKPRD.

"Sudah jelas bahwa gubernur yang bertanggung jawab dalam masalah ini. Oleh karena itu, kami meminta agar gubernur tidak lempar badan ke anak buah," kata Eneng Malianasari yang akrab disapa Mili, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI.

Pemprov DKI selama ini selalu upload video rapat BKPRD di Youtube. Namun, ternyata video rapat BKPRD tanggal 8 Februari 2018 tidak ditemukan.

"Kami akan kirim surat kepada Dinas Kominfotik untuk meminta video ini. Semoga nanti pihak Pemprov DKI bisa kooperatif. Kami khawatir bahwa kasus ini hanya puncak gunung es. Oleh karena itu, Pemprov DKI harus transparan agar masyarakat bisa ikut mengawasi," pungkas Mili.Ahmad Romdoni



Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top