PSI Mendesak Ada Uji Kelayakan dan Kepatutan Wakil Gubernur Secara Terbuka Sebelum Paripurna - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

PSI Mendesak Ada Uji Kelayakan dan Kepatutan Wakil Gubernur Secara Terbuka Sebelum Paripurna

Politik
psi mendesak ada uji kelayakan dan kepatutan wakil gubernur secara terbuka sebelum paripurna
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

MEGAPOLITANPOSCOM, Jakarta-Misteri siapa yang bakal mengisi posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta pasca ditinggal Sandiaga Uno yang maju sebagai Calon Wakil Presiden di pemilihan Presiden 2019 menemukan titik terang.

Gerindra dan PKS sebagai dua partai yang mengusung Anies-Sandi di pemilihan Kepala Daerah DKI 2017, sepakat mengajukan dua nama yakni Nurmansyah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra.

Dalam keterangan kepada pers di kantor Fraksi Gerindra, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra mengatakan dua nama tersebut akan diajukan kepada Gubernur Anies Baswedan dan kemudian diputuskan melalui voting di rapat paripurna DPRD DKI.

Menanggapi pernyataan ini, Ketua Fraksi PSI, Idris Ahmad menyatakan pemilihan Wakil Gubernur tidak cukup tanpa adanya fit and proper secara terbuka.

"Memang adalah hak Gerindra dan PKS untuk mengusulkan nama calon Wakil Gubernur DKI, namun seharusnya prosesnya juga terbuka. Ini sudah berapa lama posisi Wagub kosong. Fraksi PSI DKI mendesak DPRD untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan secara terbuka untuk dua nama yang diusulkan," ujar Idris.

Lebih lanjut Idris mengatakan bahwa publik berhak tahu seperti apa kualitas calon Wakil Gubernur yang diusulkan. Fit and proper test secara terbuka menjadi cara yang masuk akal untuk menilai siapa yang layak untuk menjadi Wagub sebelum voting dimulai.

"Demi kualitas proses pemilihan Wagub, kami usulkan ada semacam public hearing secara live, di mana para kandidat menjelaskan latar belakang, visinya, dan juga menjawab pertanyaan dari masyarakat," kata Idris.

PSI mendorong agar publik dilibatkan dalam mengkritisi latar belakang para calon. Public hearing adalah mekanisme di mana panitia pemilihan dapat menanyakan sejumlah pertanyaan untuk menggali latar belakang dan visi-misi seorang calon sebelum kemudian dilakukan voting.Jhn

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top