Aktivis 98 : Iran Bisa Tenggelamkan Kapal Induk Amerika - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Aktivis 98 : Iran Bisa Tenggelamkan Kapal Induk Amerika

Peristiwa
aktivis 98 iran bisa tenggelamkan kapal induk amerika
KOMRAD Saat Unjuk Rasa Jelang Duduki DPR/MPR

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Aktivis 98 yang fokus mengamati perkembangan timur tengah ini, menyerukan kepada para politisi AS untuk mengurungkan opsi invasi militer terhadap Iran.

"Iran memiliki kemampuan militer untuk menghadapi AS dalam perang," demikian kata Gugum, aktivis 98 yang tergabung dalam Komite Mahasiswa Dan Rakyat Untik Demokrasi (KOMRAD) pagi ini (10/1) di Jakarta dalam siaran persnya.

Gugum menjelaskan, Iran tidak seperti Grenada, Panama, Somalia, Haiti, Bosnia, Serbia, Afghanistan atau Irak yang bisa dengan mudah dikuasai AS dalam invasi militer. Kemampuan militer sejumlah negara itu tidak mampu bersaing dengan AS.

Dipaparkan oleh Gugum, bahwa militer Iran dewasa ini jauh lebih kompeten dan kuat. Setelah menyaksikan perang di Irak selama satu dekade, Iran memiliki pemahaman yang baik tentang taktik dan strategi AS di Irak. Dia menilai bahwa Angkatan Laut Iran terampil dalam pertempuran littoral dan mereka mampu menutup Selat Hormuz.

“Jika Iran menutup selat Harmuz dalam waktu lama, ini dapat berdampak memicu malapetaka ekonomi dunia," tegas Gugum.

Menurut catatan Gugum, Kesiapan kekuatan militer Iran untuk menghadapi AS dapat dilihat pada saat Iran melakukan manuver dengan menggelar latihan militer besar-besaran pada 24 Desember 2014 silam.

Manuver militer angkatan laut Iran pada latihan militer tersebut menggambarkan strategi yang jelas dari Iran, untuk menutup Selat Hormuz. Bahkan mereka bisa menenggelamkan kapal perang Amerika yang masuk daerah tersebut.

Perlu diketahui Selat Hormuz merupakan jalur perairan strategis antara Iran dan Oman yang menghubungkan Teluk Persia dengan Laut Oman, dan menjadi rute minyak utama dunia.

“Jika Hal ini dilakukan oleh Iran akan mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi pelayaran komersial dan menyebabkan harga minyak meroket,” pungkas Gugum.

Iran sendiri menurut Gugum, berulang kali menegaskan bahwa kekuatan militernya didasarkan pada doktrin pertahanan dan pencegahan, serta tidak menimbulkan ancaman bagi negara lain.


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top