Kronologis Kecelakaan Bis Sriwijaya yang Renggut 35 Nyawa. Hasanah : Sebelum masuk Jurang, Bis Alami dua Kali Kecelakaan. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kronologis Kecelakaan Bis Sriwijaya yang Renggut 35 Nyawa. Hasanah : Sebelum masuk Jurang, Bis Alami dua Kali Kecelakaan.

Berita Daerah
kronologis kecelakaan bis sriwijaya yang renggut 35 nyawa hasanah sebelum masuk jurang bis alami dua kali kecelakaan
Kecelakaan Bus Sriwijaya

MEGAPOLITAN POS

PAGARALAM - Catatan kelam kecelakaan tranportasi angkutan darat ditanah air kembali bertambah, penyebabnya tak lain kelalaian manusia, kondisi kendaraan yang kurang laik jalan atau medan jalan yang terjal.

Kali ini, menjelang tutup tahun 2019, sebuah bis angkutan umum P.O Sriwijaya dengan nomor polisi BD 7031 AU yang melayani rute Bengkulu-Palembang berkafasitas 48 tempat duduk mengalami nasib naas, menghantam tembok pembatas jurang dan terjun kedasar sungai Lematang di Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa (24/12), mengakibatkan 35 penumpang meninggal, 13 mengalami luka-luka.

Megapolitan Pos melaporkan langsung dari lokasi kejadian dan Rumah Sakit Umum Daerah Besemah Kota Pagaralam, dimana ke 35 jenazah korban disemayamkan sebelum dijemput keluarga serta 13 korban selamat dirawat, dengan rincian 28 jenazah berhasil dievakuasi pada hari Selasa (24/12) dan 7 jenazah dievakuasi pada hari Rabu (25/12).

Salahsatu korban selamat, Hasanah (54), menuturkan kepada Megapolitan Pos kronologis kejadian.

Dia beserta cucunya Aisya (9) dan puluhan penumpang lainnya berangkat dari loket Sriwijaya di Kota Bengkulu sekitar pukul 13.30 Wibb dengan kondisi bus tidak terisi penuh, masih terdapat beberapa bangku kosong, ditengah perjalanan, tepatnya di Kabupaten Kepahiang bus sempat berserempetan dengan minibus Avanza dan sempat berdamai. Setelah istirahat makan di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang bus yang sudah terisi penuh tersebut melanjutkan perjalanan, namun lagi-lagi naas bis mengalami slip, terperosok keparit dan hampir terbalik. Setelah ditarik oleh bus Sriwijaya yang lain mereka melanjutkan perjalanan.
" Awalnya kami berangkat dari Loket diKota Bengkulu tujuan Palembang, memang bis tidak terisi penuh, diperjalanan kami sempat terhenti karena bis berserempetan dengan travel, sempat adu mulut dan akhirnya berdamai, setelah istirahat makan di Pendopo, bis kembali melanjutkan perjalanan, namun tak lama bis kembali apes, terperosok ke parit yang memaksa seluruh penumpang turun, akhirnya bis mendarat setelah ditarik bis lain," tutur Hasanah.
Masih menurutnya, sepanjang perjalanan Hasanah hampir tidak bisa tidur sama sekali, detik-detik menjelang kejadian dirinya merasakan guncangan dan suara hantaman keras, ia masih sempat memeluk erat Aisyah cucunya hingga akhirnya bis terhenti didasar sungai. Mereka selamat karena bagian tempat duduk Hasanah dan cucunya berada dibagian belakang bis, yang tidak terendam air dan ada penumpang yang berhasil memecahkan kaca sehingga mereka bisa keluar.

" Kami panik, ada yang memecahkan kaca bis, sehingga kami bisa keluar dan berpegangan sekuat tenaga dari derasnya arus sungai sambil meminta tolong, beruntung lebih kurang satu jam dikegelapan malam, kami mendapat pertolongan, " cerita Hasanah terisak sambil menunjuk cucunya yang mengalami luka cukup serius dibagian mata, sementara Hasanah mengalami patah tangan sebelah kanan dan kaki.

Sementara itu Dermesy (42) orang tua dari korban Indah Putri Utami (11) yang jasadnya baru diketemukan pada hari Rabu (25/12) menuturkan dengan mata berkaca-kaca. Sebenarnya dia berat melepas putrinya ikut neneknya ke Palembang, namun Indah terus merengek hingga akhirnya Dermesy mengizinkan.
"Sebenarnya saya berat melepas Indah ikut neneknya, namun karena libur akhirnya saya izinkan, dia (Indah red) saya kasih uang 600 ribu, " kenang Dermesy.

Sepanjang perjalanan, Indah beberapa kali menelepon Dermesy, " Terakhir Indah menelepon sekitar pukul 22.30 Wibb, dia sempat mengatakan tidak nyaman didalam bis, hingga saya mendapat kabar bis tersebut mengalami kecelakaan," tutupnya. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top