Mahasiswa UNAS Melakukan Pelatihan Pendidikan Karakter Usia Dini Kepada Siswa Sekolah Master - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Mahasiswa UNAS Melakukan Pelatihan Pendidikan Karakter Usia Dini Kepada Siswa Sekolah Master

Kesehatan
mahasiswa unas melakukan pelatihan pendidikan karakter usia dini kepada siswa sekolah master

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan tentang pendidikan karakter usia dini, kepada siswa Sekolah Master Jl. Margonda Raya No.58, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan yang di laksanakan pada tanggal 10 desember 2019 ini merupakan perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah mengabdikan diri kepada masyarakat.

Delapan mahasiswa Unas yang tergabung dalam kelompok pengabdian kepada masyarakat memberikan 4 materi pengajaran kepada siswa sekolah dasar master kelas 3 dan 4.

Materi pertama, tentang menerapkan etika membuang sampah pada tempatnya dan menggolongkan sampah melalui jenis-jenis sampah. Setelah siswa di berikan pelatihan, siswa juga mempraktekkan bagaimana membuang sampah sesuai dengan jenis nya yaitu organic & anorganik.

Hal ini diharapkan agar siswa sekolah master dapat menjaga lingkungan dengan menerapkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sejak dini dan juga dapat mengetahui dampak negatif yang di timbulkan apabila membuang sampah sembarangan.

Materi kedua tentang menjaga kebersihan diri yaitu mencuci tangan dan menyikat gigi. Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri tetap sehat dan mengurangi resiko terserang penyakit.

Dalam kegiatan ini siswa di ajarkan bagaimana untuk menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

Materi ketiga tentang membangun karakter pada siswa yang meliputi pengembangan kepribadian, watak emosional, intelektual, budi pekerti, dan moral.

Materi keempat, kegiatan mewarnai gambar-gambar berbagai profesi yang di cita-citakan setiap siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas.

Pembimbing kegiatan PKM Unas, Yayu Sri Wartini mengatakan, melalui kegiatan ini mahasiswa diajak berkontribusi kepada masyarakat melalui keterampilan yang dimiliki sesuai dengan bidang ilmu yang didapatkan di bangku kuliah.

"Ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa selama di bangku kuliah dapat diterapkan melalui kegiatan ini. Semua mahasiswa dapat berkontribusi kepada para peserta didik di sekolah ini," ujar Yayu dalam siaran pers, Selasa (10/12).

Melalui kegiatan PKM ini, Yayu berharap, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung penerapan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, khususnya yang terkait ilmu Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain itu, ia berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi para mahasiswa untuk terus tergerak memberikan pengabdiannya kepada masyarakat, khususnya mereka yang hidup dalam kelompok marginal.

Sekolah Master yang berdiri sejak 28 Oktober 2000 sendiri adalah sekolah gratis bagi anak-anak Dhuafa di sekitar terminal Depok yang lebih dikenal dengan nama sekolah MasTer (Masjid Terminal).


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top