Kemenkop dan UKM Akan Jadikan Smesco Indonesia One Stop Service Bagi UKM - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kemenkop dan UKM Akan Jadikan Smesco Indonesia One Stop Service Bagi UKM

Peluang Usaha
kemenkop dan ukm akan jadikan smesco indonesia one stop service bagi ukm
Menkop dan UKM Teten Masduki, saat jumpa pers di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Jakarta(MEGAPOLITANPOS); Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) akan menjadikan Smesco Indonesia sebagai tempat one stop service bagi para pelaku ukm di Indonesia.Hal itu dimaksudkan untuk terus mendorong pertumbuhan daya saing produk-produk UKM nasional melalui optimalisasi pemasaran produk UKM unggulan daerah di Smesco Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM , Teten Masduki, mengatakan pihaknya akan mendesain kembali format Smesco Indonesia sehingga menjadi tempat pemasaran produk UKM yang diminati pasar domestik atau luar negeri. Manajemen dan pengelolaan Smesco akan diserahkan pada Badan Layanan Umum (BLU) Kemenkop dan UKM yaitu Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM).

"Smesco harus didesain ulang agar produk UKM mampu masuk pada global value chain, dengan begitu daya saing produk UKM ini bisa betul-betul bersaing di pasar domestik atau pasar luar negeri," kata Teten di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Teten mengungkapkan dia tengah meminta masukan dari para pelaku dan pemerhati UKM agar konsep one stop service yang digagasnya untuk pengembangan Smesco Indonesia dapat diaplikasikan dalam waktu dekat.

Menurutnya, saat ini Smesco Indonesia yang menyediakan paviliun dari seluruh propinsi, masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan pengunjungnya terbilang sepi pada hari biasa kendati produk yang dijajakan berkualitas. "Saya sengaja minta masukan dari penggerak ekonomi sektor UKM karena mereka yang lebih tahu. Kalau nanti sudah terbentuk, saya yakin akan mengubah aktivitas di Smesco, kan sekarang ini masih banyak ruangan kosong. Nah ini akan kami coba rumuskan ulang agar bisa dioptimalkan," ujar Teten.

Dengan konsep one stop service yang ingin diwujudkannya, dia berharap Smesco Indonesia bisa menjadi tempat berkumpul atau tujuan wisata belanja bagi masyarakat khususnya yang ingin berbelanja produk-produk unggulan UKM dari berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karenanya Teten mengatakan, pemerintah akan terus fokus mendorong UKM agar naik kelas dengan memanfaatkan berbagai program pemasaran atau pembiayaan.

"Pembiayaan sudah disiapkan pemerintah dengan berbagai skema. Yang pasti Smesco ini akan jadi pusat one stop services bagi UKM, nanti di sini sebagai tempat belajar, sharing eksperimen dan lainnya," ujar Teten.

Di tempat yang sama Founder Rumah Kolaborasi The Local Enebler, Dwi Purnomo, menyatakan bahwa Smesco Indonesia sangat potensial untuk dijadikan trade center dan pemenuhan life style. Hanya perlu polesan-polesan sedikit untuk mengubah wajah Smesco tersebut dengan mengisi berbagai inovasi tambahan. Untuk melakukan itu Kemenkop dan UKM melalui LLP-KUKM tidak bisa berkerja sendiri. Perlu menggandeng banyak komunitas dari berbagai pihak untuk mengisi konten-konten kreatif pada Smesco tersebut.

“Saya melihat potensi luar biasa dari tempat ini, tapi akan sangat sulit bagi pemerintah (LLP-KUKM) untuk mengoperete semua kebutuhan. Ada baiknya tempat ini jadi hub yang baik dengan pemerintah menjadi enebler. Justru pemerintah harus menggaet lebih banyak komunitas di rumahnya di sini,” ujar Dwi Purnomo.

Sementara itu Co-Founder LINGKARAN, Ananda Marissa, menyatakan sebagai platform start up di bidang edukasi non formal untuk pengembangan entrepreneurship, pihaknya siap mendukung progam redesain Smesco Indonesia. Konsep edukasi yang ditawarkannya adalah dengan menyediakan satu wadah untuk pengembangan UKM melalui capacity building sesuai kurikulum yang sudah disiapkan dan siap diimplementasikan. “ diharapkan dengan edukasi yang dilakukan secara periodik di Smesco Indonesia bisa mendorong UKM naik kelas,” katanya.(Ach.Sholeh)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top