BPRS Banten Apresiasi Kinerja REKAN Indonesia - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

BPRS Banten Apresiasi Kinerja REKAN Indonesia

Berita Daerah
bprs banten apresiasi kinerja rekan indonesia
Rekan Indonesia Banten Dan BPRS Banten, Foto Bersama Usai Pertemuan

MEGAPOLITANPOS.COM. SERANG-Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia melakukan audiensi dengan Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Banten. Pagi ini, Rabu 13/11.

Dalam audiensinya pengurus Rekan Indonesia Provinsi Banten, menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi dalam pelayanan kesehatan, dimana dalam penilaian Rekan Indonesia Banten pelayanan kesehatan di Banten demikian carut marutnya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Rekan Indonesia Banten, Rijal dalam pertemuan tersebut. Rijal menyampaikanbahwa selama ini Rekan Indonesia Banten berjibaku menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait buruknya pelayanan kesehatan di Provinsi Banten.

Rijal juga memaparkan bahwa persoalan yang sangat sering diadukan oleh masyarakat adalah soal layanan dasar, diantaranya masih kurangnya ruang rawat inap, kebutuhan ruang ICU/ICCU/HCU yang semakin meningkat, dan masih belum sesuainya pemenuhan ruang isolasi bagi pasien.

Ironisnya, BPRS yang seharusnya mengawasi dan membina RS untuk dapat meningkatkan mutu pelayanannya hampir tidak pernah terlihat kerja kerja dalam menyeleseikan permasalah pelayanan kesehatan di RS.

"Kami berharap agar BPRS mengoptimalkan peran dan fungsinya serta menjalankan wewenangnya sesuai dengan peraturan"tegas Rijal.

Rijal berharap, agar BPRS dapat optimal dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana amanat PP Nomor 49 tahun 2013.

Dalam PP itu BPRS Provinsi memiliki fungsi untuk melakukan inspeksi penegakan hak dan kewajiban pasien dan rumah sakit diwilayahnya.

"Selain itu BPRS juga memiliki wewenang untuk menindaklanjuti pengaduan dalam rangka upaya penyelesaian sengketa melalui mediasi." ungkap Rijal.

Pertemuan ini selain dihadiri oleh kasie pelayanan rujukan dinkes provinsi Banten, Della Sarah Distrianda, juga dihadiri ketua Kota/Kabupaten Rekan Indonesia se-provinsi Banten. Diantaranya kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Para ketua kota/kabupaten ini juga menyampiakan persoalan pelayanan kesehatan di kota dan kabupatennya masing masing.

Sementara itu ketua BPRS Provinsi Banten, Agus Gumara menyampaikan apresiasinya kepada Rekan Indonesia yang selama ini telah menjadi jembatan aspirasi bahkan menjadi motor penggerak dalam membantu sesama masyarakat

"Kami berterimakasih kepada bapak dan Ibu dari Rekan Indonesia Banten yang telah bersedia membantu kami dan masyarakat untuk sama sama kita memperjuangkan pelayanan kesehatan yang lebih baik di Provinsi Banten" tandas Agus Gumara.

Dalam pertemuan tersebut, jajaran BPRS juga memaparkan sejumlah program prioritas dan juga pencapaian yang telah dilakukan oleh BPRS. Mulai dari inspeksi ke beberapa rumah sakit sampai melakukan mediasi untuk menyelesaikan peroalan antara pasien dan rumah sakit.

Agus Gumara juga menyebutkan bahwa BPRS dan Rekan Indonesia bersepakat untuk turun bersama melakukan sejumlah perbaikan dianataranya adalah meminta rumah sakit untuk mengoptimalkan peran komite medik sebagai upaya tindaklanjut dari setiap permasalahan yang ada di rumah sakit.

"Komite medik memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit karna Komite medik punya wewenang untuk melakukan pengawasan secara internal terhadap praktek pelayanan kesehatan di rumah sakit"ujar Agus Gumara.

Kasie Pelayanan Rujukan Dinkes Provinsi Banten, Della Sarah Distrianda yang biasa dipanggil, Della. Menyampaikan komitmen kepala dinas kesehatan untuk meningkatkan kerjasama dengan Rekan Indonesia dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di provinsi Banten.

Selain itu dinkes juga sudah merencanakan untuk menambah ketersediaan ruang ICU di Provinsi Banten.Della juga memaparkan sejumlah ketimpangan dalam pelayanan terkait pesebaran rumah sakit di provinsi banten.

"Jumlah rumah sakit di Banten total 112 rumah sakit dan sebarannya tidak merata dimana 80% terkonsentrasi di kota Tangerang dan tangerang selatan dan juga kebanyakan adalah tipe C"papar Della.


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top