Ini Syarat Turun Kelas BPJS Lampirkan Buku Tabungan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ini Syarat Turun Kelas BPJS Lampirkan Buku Tabungan

Kab Tangerang
ini syarat turun kelas bpjs lampirkan buku tabungan
Antrian bpjs

MEGAPOLITANPOSCOM, Kabupaten Tangerang - Ini Syarat Turun Kelas BPJS Kesehatan Mandiri, Iuran BPJS Kesehatan bakal naik di 1 Januari 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya sepakat untuk menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga dua kali lipat. Jika terlalu berat, ada cara untuk bisa turun kelas. Khususnya bagi peserta mandiri.

Sesuai peraturan Presiden (Perpres) 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan malah sudah diteken tanggal 24 Oktober 2019 lalu dan berlaku sejak tanggal yang sama. Iuran BPJS Kesehatan naik 100 persen.



Dengan adanya penetapan kenaikan iuran BPJS kesehatan mandiri berimbas pada banyaknya warga masyarakat yang akan menurunkan kelasnya tidak terkecuali kantor pelayanan BPJS Kesehatan Kabupaten Tangerang yang berada di jalan raya Tigaraksa Kabupaten Tangerang di padat warga masyarakat yang akan menurunkan kelasnya.

Maryanto Warga Kelurahan Kuta Baru Kecamatan Pasar Kabupaten Tangerang kepada wartawan, Kamis (07/11/2019) mengatakan, terpaksa menurunkan kelas BPJS kesehatan mandiri dari kelas II menjadi kelas III yang di nilai memberatkan sementara sehari-harinya penghasilannya dari Ojek Online.

"Ya saya terpaksa menurunkan kelas sebelum naik pada Januari 2020 nanti, toh nantinya pembayaran Januari nanti akan sama seperti iuran yang sekarang pada kelas II Rp. 51.000 dan kelas III pada bulan Januari nanti juga sekitar Rp. 51.000. ya kali tidak di turunkan terasa berat, karena dalam satu KK ada 3 orang," jelasnya.

Menurut informasi lanjut Maruanto, untuk iuran peserta atau mandiri kelas III akan meningkat Rp. 51.000 dari sebelumnya Rp. 25.500, kelas II akan meningkat menjadi Rp 110 ribu dari sebelumnya Rp 51 ribu. Sementara itu, iuran peserta kelas 1 akan naik menjadi Rp 160 ribu dari yang sebelumnya Rp 80 ribu.



Sementara, Hendry Securty BPJS Kesehatan saat melayani masyarakat mengatakan, untuk turun kelas atau perubahan kelas rawat dapat dilakukan setelah 1 (satu) tahun dan harus diikuti perubahan kelas rawat seluruh anggota keluarga.

"Peserta yang melakukan perubahan kelas perawatan pada bulan berjalan, maka kelas perawatan barunya berlaku pada bulan selanjutnya.
Adapun persyaratan perubahan kelas rawat yaitu asli/fotocopy Kartu Keluarga. Bagi peserta yang belum melakukan Autodebet rekening tabungan dilengkapi dengan Fotokopi buku rekening tabungan BNI/BRI/Mandiri/BCA dapat menggunakan rekening tabungan Kepala Keluarga/anggota keluarga dalam Kartu Keluarga/penanggung," jelasnya.

Saat ditanya, berapa jumlah dalam sehari yang turun kelas Securty BPJS Kesehatan mengarahkan ke loket pengaduan dengan antrian, setelah sampai di loket pengaduan pihak BPJS meminta surat tugas khusus yang di tunjukan ke Kantor BPJS.(nan).

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top