Rekan Indonesia Dan KREKI Jalin Kerjasama Pelatihan SPGDT Untuk Awam - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Rekan Indonesia Dan KREKI Jalin Kerjasama Pelatihan SPGDT Untuk Awam

Kesehatan
rekan indonesia dan kreki jalin kerjasama pelatihan spgdt untuk awam
Rekan Indonesia Dan KREKI

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA-Kecepatan pemberian pertolongan gawat darurat kepada korban oleh masyarakat sangat diperlukan. Saat ini sudah banyak dilakukan pelatihan gawat darurat kepada masyarakat oleh berbagai perkumpulan / profesi antara lain PERKI, PKGDI, PDEI, PERDATIN, dan lainnya.

Namun masyarakat yang sudah terlatih tersebut tidak teridentifikasi keberadaannya serta tidak terpelihara keterampilannya.

Diperlukan sistem dan pengorganisasian yang mengintegrasikan antara keberadaan korban, masyarakat yang memiliki sertifikat BHD- Amb 119- IGD RS dan antar RS untuk memberikan pertolongan gawat darurat dengan cepat.

Untuk hal tersebutlah Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) mengadakan pelatihan penanganan kegawatdaruratan dasar guna memberi pemahaman, pengetahuan, dan tindakan secara dasarapa yang harus dilakukan ketika mendapati korban dengan kondisi gawat darurat.

Supriyantoro, ketua umum KREKI mengatakan pemahaman dasar kegawatdaruratan ini sangat penting diketahui dan dipelajari sehingga dapat dipraktekan oleh awam dalam menangani secara dasar kondisi gawat darurat sebelum dibawa ke RS.

"KREKI menjembatani elemen masyarakat yang terpanggil nuraninya untuk dapat menangani secara dasar terhadap komdiso gawat darurat yang dialami oleh masyarakat dilingkungannya sehingga dapat meminimalisir resiko kematian pada saat dibawa ke RS" ujar Supriyantoro.

Masih menurut Supriyantoro, kerjasama KREKI dengan Rekan Indonesia diharapkan dapat membangun satu jaringan yang terkoordinasi dengan baik antar relawan yang sudah diberikan pelatihan dan bersertifikasi sehingga penanganan terhadap kegawatdaruratan dapat terkonsolidasi dannterukur dengan baik.

"Selama ini pelatihan yang sudah kami lakukan menjadi tidak berbekas karena tidak adanya wadah yang mengkonsolidasikan para relawan pasca diberikan pelatihan. KREKI berharap kerjasama dengan Rekan Indonesia dapat mewujudkan hal itu, apalagi Rekan Indonesia termasuk salah satu relawan yang konsiten dan komit terhadap persoalan kesehatan" kata Supriyantoro.

Sementara itu, ketua nasional Rekan Indonesia, Agung Nugroho mengatakan bahwa kerjasama dengan KREKI ini adalah hal penting dan sangat bermanfaat.

"Kader Rekan Indonesia yang selama ini hanya sebatas memastikan hak jaminan kesehatan dan pelayanan kesehatan dapat tambahan pengetahuan, pemahaman dan bekal mempraktekan penanganan dasar terhadap kegawatdaruratan" kata Agung Nugroho.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top