Tujuh Belas KK Kampung IV Bakal Nikmati Jalan 10.133 Milyar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Tujuh Belas KK Kampung IV Bakal Nikmati Jalan 10.133 Milyar

Berita Daerah
tujuh belas kk kampung iv bakal nikmati jalan 10133 milyar
GB. Jalan Akses Kampung IV Gunung Dempo

MEGAPOLITAN POS


PAGARALAM - Sudi (53) dan 16 Kepala Keluarga (KK) di Kampung IV Kelurahan Gunung Dempo Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam Sumatera Selatan tak perlu bersusah payah memacu motor mereka menapaki jalan terjal berbatu dan lobang besar disepanjang jalan menuju Kampung IV atau Afdiling IV PTPN VII. Pasalnya, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) - APBD Kota Pagaralam Tahun Anggaran 2019 jalan milik PTPN VII sepanjang lebih kurang 5,2 km tersebut digenjot pembangunannya (hampir selesai red) dengan menelan dana Rp. 10.13 Milyar oleh pelaksana PT. Karya Dutamandiri Sejahtera.

Saat disambangi Megapolitan Pos, ketua RT setempat, Suryanto sedang tidak berada dikediamannya," Pak RT sedang kerja pak, bagian penimbangan daun teh PTPN VI," tutur Sudi yang dijumpai ketika pulang dari kerja bagian pemeliharaan, di pekarangan rumahnya Kampung IV, Rabu (9/10).

Masih menurut Sudi, rumah-rumah di Kampung IV masih banyak kosong, yang berpenghuni ada 17 KK atau lebih kurang 65 jiwa. Kesemuanya adalah karyawan PTPN VII," Penduduk disini ada 17 KK pak, ya sekitar 65 jiwa, kami disini semua bekerja di PTPN VII," tambah Sudi.


Sementara itu, Pihak manajemen PTPN VII yang sempat dibincangi diruang kerjanya, Bambang Budi Utomo menyambut baik pembangunan jalan oleh pemerintah Kota Pagaralam tersebut, pihaknya akan berencana menempatkan lagi beberapa karyawannya untuk tinggal dan mengisi beberapa rumah yang kosong mengingat akses jalan sudah bagus, selama ini mereka enggan tinggal di Kampung IV tersebut," Menurut infonya jalan tersebut untuk jalur evakuasi mas, tapi apa salahnya kami (PTPN VII) juga ikut memanfaatkan baik untuk akses pengangkutan maupun untuk karyawan kami yang tinggal disana, kami juga berencana menempatkan karyawan kami untuk mengisi rumah yang kosong yang selama ini ditinggal penghunya," Jelas Bambang.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas PUPR Pemerintah Kota Pagaralam, Parliansyah saat dihubungi via WhatsApp membenarkan proyek pembangunan Jalan Link Akses Pendakian Kampung IV yang menghabiskan dana 10,133 milyar tersebut adalah upaya pemerintah Kota Pagaralam dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, utamanya akses jalan. Selain berfungsi sebagai jalur evakuasi bencana, juga difungsikan sebagai jalur pariwisata.
" Pembangunan Jalan tersebut, sebagai upaya Pemkot Pagaralam dalam meningkatkan pelayanan, utamanya akses jalan. Selain itu juga jalan akses Kampung IV ini, kita fungsikan sebagai jalur evakuasi bencana dan jalur pariwisata atau pendakian," terang Parliansyah.

Ditambahkannya, Jalan sepanjang 5,2 km dengan nilai kontrak Rp 10.133 milyar tersebut hampir mendekati tahap akhir pengerjaan meskipun durasi waktunya masih panjang, yakni 180 hari terhitung tanggal 4 Juli 2019, " Pengerjaannya sudah mencapai 70 persen, itu sekitar dua minggu lalu terakhir kami turun kelapangan," imbuhnya.

Dari pantauan Megapolitan Pos dilapangan, Rabu (9/10) akses jalan yang banyak dilewati kendaraan truk pengangkut daun teh basah milik PTPN VII tersebut, salahsatunya truk dengan nomor polisi BE 8237 BT tinggal menyisahkan lebih kurang 200 meter yang belum diaspal sedangkan durasi waktu masih panjang, yakni hingga akhir Desember 2019. (JF)

IMG-20200717-WA0141

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top