Ada Kabar Gembira, Yang Bercita-Cita Jadi PNS Pemkab Tangerang Buka Calon PNS - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ada Kabar Gembira, Yang Bercita-Cita Jadi PNS Pemkab Tangerang Buka Calon PNS

Kab Tangerang
ada kabar gembira yang bercita-cita jadi pns pemkab tangerang buka calon pns
Yani

MEGAPOLITANPOS COM, Kabupaten Tangerang - Ada Kabar gembira bagi masyarakat yang bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan membuka 500 rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN). Jumlah tersebut sesuai kuota yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Namun, untuk waktu pelaksanaan rekrutmen CPNS, masih belum dipastikan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yani Sutiana mengatakan, saat ini baru kuota CPNS saja yang turun. Sementara untuk teknis pelaksanaan rekrutmen CPNS, masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.

"Mekanismenya, sama denga rekrutmen CPNS sebelumnya. Yakni serentak dan terpusat. Jadi daerah sebagai pelaksana saja," kata Yani kepada wartawan melalui telepon, Senin (7/10/2019).

Yani menjelaskan, dari 500 formasi tersebut, sekitar 30 persen dibuka untuk umum. Sisanya 70 persen formasi akan dialokasikan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). P3K ini kemungkinan akan diambil dari tenaga honorer yang telah tercatat data badan kepegawaian negara (BKN). Jumlah kuotanya sesuai yang diajukan Pemkab Tangerang.

"Kalau tidak salah, 500 formasi CPNS itu untuk umum sebanyak 150 dan untuk P3K sebanyak 350," jelasnya.

Menurut Yani, pihaknya mulai gencar berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi. Hal itu dilakukan untuk memastikan teknis proses seleksi. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum menerima petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan rekrutmen CPNS.

"Kami selalu berkoordinasi dengan BKN. Selain itu, kami intens berkomunikasi dengan KemenPAN-RB di Jakarta," tuturnya.

Kendati belum dipastikan waktu pelaksanan CPNS, Yani mengimbau, kepada seluruh masyarakat mewaspadai penipuan untuk meluluskan seorang menjadi ASN. Sebab pada prakteknya, penipu menjanjikan kemudahan fasilitas pemberkasan dan rekrutmen ASN, sehingga menjadi kesalahan bagi masyarakat yang memiliki keinginan menjadi ASN. Untuk itu, momentum tersebut jangan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertangungjawab, untuk melakukan tindakan melawan hukum.

"Jangan mudah percaya adanya okunum tersebut, karena system rekrutmen dilakukan langsung oleh pemerintah pusat," ungkapnya.

Yani menambahakn, seluruh tahapan seleksi, mulai dari proses pendaftaran hingga pemberkasan tidak dipungut biaya atau gratis.

"Informasi jelas tahapan pendaftaran dan pelaksanaan, akan diumumkan melalui website KemenPAN-RB, BKN, dan BKPSDM Kabupaten Tangerang. Kami siap memberikan inforamsi sedetail mungkin," tutupnya.

Kepala Biro Humas pada Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Mohammad Ridwa mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepegawaian 2019 yang digelar BKN pada 25 September 2019, pengumuman rekrutmen CPSN 2019 diperkirakan akan diumumkan pada minggu keempat Oktober. Sementara itu, pendaftaran CPNS akan dilaksanakan November 2019, dan proses seleksi administrasi pada bulan desember 2019.

"Proses ini antara lain meliputi masa pengumuman selama 15 hari kalender, penyampaian persyaratan pelamaran secara daring selama 10 hari kalender dan sebagainya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS," kata Mohammad Ridwan melalui rilis resmi BKN Nomor: 085/RILIS/BKN/X/2019 yang diterima wartawan.(Mad Sutisna)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top