Pemerintah Jokowi : Mengukir Asa, Melambung Utang. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemerintah Jokowi : Mengukir Asa, Melambung Utang.

Politik
pemerintah jokowi mengukir asa melambung utang
Diskusi Publik IDEAS

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Utang Pemerintah selalu menjadi perhatian publik yangvluas. Dengan stok utang pemerintah yang terus melambung, kritik publik secara jelas memyiratkankekhawatoran atas kenerlanjutan fiskal dan independensi kebijakan pemerintah.

Pengelolaan APBN secara umun menunjukan politik anggaran yang sangat permisif terhadap utang. Rendahnya kapasistas fiskal segera ditutup dengan utang untuk menopang belanja tidak terikat. Dengan APBN yang digelayuti timbunan beban operasional birokrasi dan beban utang ke kreditor, isu keadilan selalu mengemuka dalam debat reformasi anggaran publik. Keberpihakan APBN ke rakyat terlihat sangat rendah.

Hal ini disampaikann oleh Yusuf Wibisono, direktur Indonesia Islamic And Development Studies (IDEAS) dalam diskusi kebijakan publik yang mengangkat tema : "(Mimpi) Anggaran Untuk Rakyat, Mengukir Asa, Melambung Asa" di Pejaten Barat, Jakarta Selatan (16/09).

"Stok utang pemerintah terus menggelembung, daribRp 1,586 triliun pada Juki 2009 menjadi Rp 4,604 triliun pada Juki 2019" ujar Yusuf Wibisono.

Yusuf Wibisono juga memaparkan terdapat kecenderungan yang mengkhawatirkan dari perubahan utang pemerintah ini. Bila pada periode Juli 2009 - Juli 2013 perubahan bulanan stok utanbg pemerintah rata-rata bertambah Rp 8,97 triliun per bulan, maka pada periode Juli 2013 - Juli 2019 perubahan bulanan utang penerintah meningkatkan rata-rata menjadi Rp 35,17 triliun per bulan, melonjak hamlir 4 kali lipat.

IDEAS sendiri menurut Yusuf Wibisono memproyeksikan stok hutang pemerintah akan menyentuh Rp 5 ribu triliun pada awal 2020 dan akan menembus Rp 6 ribu triliun pada akhir 2022.

Disiplin Fiskal yang rendah membuat ketergantungan pada utang terus meningkat. Upaya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkayan kesejahteraan rakyat menjadi jargon pembenaran. Utang pun terakumulasi daei waktu ke waktu.

"Beban bunga utang melonjak tiga kali lipat pada rentang 2010 - 2018, dari Rp 88,4 triliun menjadi Rp 258 triliun. Pada saat yang aama, pembayaran cicilan pokok utang berlipat hampir empat kali dari Rp 127 triliun menjadi Rp 460 triliun" jelas Yusuf Wibisono

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top