Ketua DPRD Kota Padang Sementara, Arnedi : RAPBD dan Ranperda 2020 Prioritaskan Infrastruktur Pembangunan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ketua DPRD Kota Padang Sementara, Arnedi : RAPBD dan Ranperda 2020 Prioritaskan Infrastruktur Pembangunan

Berita Daerah
ketua dprd kota padang sementara arnedi rapbd dan ranperda 2020 prioritaskan infrastruktur pembangunan
Walikota Padang, Mahyeldi dan Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen

MEGAPOLITANPOS.COM, PADANG -
Walikota Padang, Mahyeldi dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, menyampaikan secara resmi Nota Keuangan tentang beberapa tahapan rancangan dan rencana program kerja guna mewujudkan visi Kota Padang yaitu, Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul, Serta Berdaya Saing.

Hal tersebut disampaikan olehnya saat menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024, bertempat di Gedung DPRD Kota Padang. Kamis, (12/09/2019)

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang sementara Arnedi Yarmen saat memimpin sidang paripurna tersebut mengatakan, rancangan yang disampaikan tadi sebelumnya telah melalui beberapa tahapan proses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan penyusunan kebijakan umum APBD TA 2020 dan prioritas pada plafon anggaran sementara APBD TA 2020 yang telah disepakati bersama pada 19 Juli 2019 lalu." ungkapnya.

Selanjutnya, dari kesepakatan tersebut maka melalui sidang dewan ini disampaikan RAPBD TA 2020 yang insya Allah akan kita bahas bersama pada rapat paripurna selanjutnya secara formal sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang diamanatkan UU No.17 Tahun 2013 tentang Keuangan Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) No.12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah serta Permendagri No.13 Tahun 2006.

"Tahun 2020 ini merupakan tahun pertama kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024 dalam mewujudkan visi dan misi, dari 7 misi sembilan prioritas program kerja pembangunan tahun 2020 adalah infrastruktur pembangunan." katanya.

"Pada RAPBD TA 2020 rencana belanja daerah dianggarkan sebesar Rp. 2,62 triliun. Jika dibandingkan dengan APBD TA 2019 sebesar Rp 2,72 triliun mengalami penurunan sebesar Rp 98,27 miliar atau turun 3,60 persen." terang, Arnedi.

Sementara jumlah belanja tidak langsung pada RAPBD TA 2020 dianggarkan sebesar Rp 1,27 triliun mengalami kenaikan sebesar Rp 16,34 miliar atau 1,70 persen dibanding APBD 2019 sebesar Rp 1,25 triliun. "Untuk belanja langsung pada RAPBD TA 2020 dianggarkan sebesar Rp 1,53 triliun, jika dibandingkan dengan APBD 2019 sebesar Rp 1,46 triliun mengalami penurunan sebesar Rp 114,62 miliar atau turun 8,15 persen," tuturnya.

Menurutnya, dari yang dijelaskan selanjutnya akan disinkronisasikan dengan prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Barat. "Kami tentu berharap, pembahasan kedua Ranperda ini beserta Nota Keuangan RAPBD 2020 dapat kita jadikan prioritas dan dilandasi dengan semangat untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan rakyat." harapnya.

Arnedi menambahkan, kita menyadari apa yang kami sampaikan tersebut masih pelru penyempurnaan proses selanjutnya agar dapat lebih kita sempurnakan. "Berkonsultasi dengan Badan Anggaran (Banggar), Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) SKPD dan pembahasan Rancangan RPJMD bersama DPRD sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)." tutupnya. ** (Bunga)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top