Terkait Jalan Medan - Barastagi, Unsur Pemerintah dan Dewan Provinsi Sumut Sambangi Kementerian PUPR - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Terkait Jalan Medan - Barastagi, Unsur Pemerintah dan Dewan Provinsi Sumut Sambangi Kementerian PUPR

Berita Daerah
terkait jalan medan - barastagi unsur pemerintah dan dewan provinsi sumut sambangi kementerian pupr
Rapat terkait jalan alternatif Medan - Barastagi Prov. Sumut

MEGAPOLITANPOS.COM, TANAH KARO -
Tim rombongan Bupati beserta sejumlah unsur perwakilan Pemerintahan Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Formanas dan salah satu anggota DPRD Provinsi Sumut menyambangi Kementerian PUPR guna menanyakan kelanjutan sikap terkait jalan alternatif usulan ICK (Ikatan Cendikiawan Karo) dan usulan jalan di dua titik yakni Medan - Berastagi.

Kementerian PUPR melalui Rachman Arief Dienaputra selaku Direktur Pengembangan Jaringan Jalan, menyambut kedatangan tim di Kantor Kementerian PUPR, Lantai III, Jalan Pattimura Jakarta Pusat. Jumat, (06/09/2019)

Tim tersebut diantaranya, Bupati Tanah Karo, Terkelin Brahmana dan perwakilan pemerintah dari Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Pakpak Barat, Kabupaten Tapteng, Formanas dan Ruben Tarigan mewakili anggota Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Ruben Tarigan, mengawali rapat menjelaskan bahwa Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara sudah sekian kalinya datang ke Kementerian PUPR untuk memperjuangkan akses jalan alternatif yang menghubungkan Medan - Berastagi, namun hingga sampai saat hari ini belum jelas.

"Untuk itu, kedatangan kami disini agar pihak kementerian PUPR dapat mendengarkan secara langsung dari apa yang ingin disampaikan terkait aspirasi masyarakat mengenai jalan alternatif Medan Berastagi serta akses jalan di dua titik. Lanjut dia, menegaskan bahwa keterangan dari BPPJN II Medan hingga saat ini belum memberi tanggapan akan persoalan tersebut." tegasnya.

Sementara itu, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, usai mendengarkan aspirasi dari masing masing perwakilan daerah mengatakan tidak akan panjang lebar mengutarakan karena pasti semua yang hadir disini satu persepsi juga mempunyai tujuan yang sama.

"Hadirnya kita disini sama sama ingin mendapat kejelasan agar dapat segera direalisasikan dan agar dapat berdampak positif bagi masyarakat baik sisi ekonomi, sisi waktu dan sisi perjalanan." jelasnya.

Menurutnya, dari semuanya pembangunan pasti memiliki historis sehingga tercetus dari ICK (Ikatan Cendikiawan Karo) yang disampaikan oleh Budi Derita Sinulingga, kemudian dalam hal ini juga bahwa sudah menjadi peraturan yang telah dibuat oleh Presiden RI.

"Dasar landasan payung hukum tersebut yaitu, Perpres 49/2016 Tentang Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) dan Perpres 62/2011 Tentang Mebidangro, suatu amanah kebijakannya. Selanjutnya, pada Perpres mendukung Kabupaten Karo masuk didalamnya, baik KSPN maupun Mebidangro." kata, Bupati.



Lanjut, Terkelin menambahkan, dari hal itu perlu kita renungkan khusus Kementerian PUPR agar membaca dan mengkaji lebih serius mengenai ini karena mutlak sebuah amanah dari Presiden RI. "Jadi tidak dapat ditawar tawar lagi." tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rachman Arief selaku Direktur Pengembangan Jaringan Jalan Kementerian PUPR menanggapi hal yang telah disampaikan sangat menyambut baik dari apa yang diutarakan. Menanggapi itu, ia menjelaskan bahwa Kementerian PUPR terkait hal jalan alternatif tersebut ada beberapa poin yang perlu diketahui.

"Pertama, dengan segera akan meninjau pemanfaatan lahan dan lokasi di dua titik yakni jalan di PDAM Tirtanadi dan Penetapan Perpres. Kedua, penambahan alokasi dana untuk ruas jalan yang diusulkan dari Dinas PUPR Kabupaten Deliserdang." ujarnya.

Direktur Arief menambahkan, jalan alternatif untuk sementara akan dibuka ruas Jalan dari Tuntungan - Kutalimbaru - Bandar Baru, dan untuk Jalan Sibiru Biru - Penen - Bandar Baru, akan kita pelajari lebih lanjut.

"Sebelum diakhir penghujung tahun 2019 ini kami sudah siap membuat studi kelayakan, dan kita akan kabarkan selanjutnya kepada pihak pihak terkait, ini akan kita segera tindak lanjuti." ungkapnya.

Kemudian, diakhir ia menambahkan bahwa kita juga akan kaji lebih dalam terkait Perpres tersebut dan akan dijadikan bahan nantinya juga sebagai analisis dan pertimbangan. ** (Bz.laia)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top