Menambah Wawasan Generasi Muda dibidang Antariksa, PP-IPTEK Kembali Gelar Kompetisi ROKET AIR - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Menambah Wawasan Generasi Muda dibidang Antariksa, PP-IPTEK Kembali Gelar Kompetisi ROKET AIR

Pendidikan
menambah wawasan generasi muda dibidang antariksa pp-iptek kembali gelar kompetisi roket air
Kadiv Program dan pendidikan Putu Lia Suryaningsih bersama Kepala Bidang Operasi Setyo Purnomo saat jumpa pers di PP IPTEK TMII Jakarta, Sabtu (07/09/2019)

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta : Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali mengadakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) bagi pelajar berusia 12-16 tahun di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,(Jabodetabek), Serang, dan Cilegon.

Acara KRAR yang akan berlangsung pada 7 – 8 September 2019 ini akan dilaksanakan di gedung PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

KRAR 2019 terdiri dari 2 sesi, yakni pembuatan roket air danpeluncuranroket air. Dengan diikuti peserta sebanyak 404 siswa ini, KRAR bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat, kreatifitas, dan inovasi pelajar Indonesia terhadap pengembangan teknologi kedirgantaraan, selain itu untuk adu keterampilan bagi pelajar usia 12-16 tahun dibidang tekhnologi antariksa, dimana roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan hukum Newton.

Selain itu para peserta dibekali pelatihan dalam Workshop pembuatan roket air dengan membuat 1 buah roket, kemudian dilanjutkan membuat 1 buah roket untuk kompetisi yang dilaksanakan di Ruang Kelas lantai 3 gedung PP-IPTEK.

Roket air terbuat dari bahan botol plastik berkaborasi dengan jumlah minimal sebanyak 2 (dua) buah botol yang akan dirakit menjadi satu bagian badan (body) roket air.

Body roket air dilengkapi dengan sirip roket yang terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik.

Desain sirip roket bentuknya pun bisa bermacam-macam tergantung dari kreativitas para peserta, namun dalam kompetisi ini bentuk sirip roket sudah ditentukan oleh panitia dari PP-IPTEK.

Keterampilan dalam mendesain roket air dan meluncurkan roket air berdasarkan zona/target sasaran yang jaraknya dari titik luncur sepanjang 50 meter.

Kepala sub divisi Program dan pendidikan PP IPTEK, Putu Lia Suryaningsih pada wartawan mengatakan, dalam KRAR tahun ini, jumlah pesertanya tidak mengalami peningkatan, masih sama dari tahun 2018 lalu, " jumlah peserta tahun ini masih sama dari tahun lalu yakni 404 orang yang berasal dari 93 sekolah SMP dan SMA se-derajat," ujar Putu Lia di Jakarta, Sabtu(07/09/2019).

Putu Lia menambahkan, penilaian akan diambil jarak yang terdekat dengan target, baik dari peluncuran sesi 1 maupun sesi 2. Setelah penilaian, 50 pemenang terbaik berhak melanjutkan ke tingkat nasional, " itu hadiahnya, selain para pemenang nanti akan berhak mengikuti kompetisi selanjutnya di luar negeri dan biaya akan ditanggung panitia," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Operasi PP- IPTEK, Setyo Purnomo menambahkan, Selain KRAR bekerjasama dengan LAPAN dan perguruan tinggi, KRAR dimaksudkan juga untuk mewadahi potensi bidang sains bagi generasi muda untuk terus berkembang dan turut berperan serta dalam kemajuan teknologi dibidang antariksa.

"Kegiatan tersebut selain bekerjasama dengan Lembaga ( LAPAN) juga melibatkan instansi perguruan tinggi antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ)," kata Setyo.

Selanjutnya, KRAR dilakukan sebagai tahap awal dari kompetisi roket air selanjutnya, yakni Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional (KRAN) dan Kompetisi Roket Air Internasional se-Asia Pasifik (KRAI) yang tahun ini akan diselenggarakan oleh Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) di Jepang bulan November mendatang.

Kegiatan Kompetisi Roket Air Tingkat Regional selain dilakukan di wilayah DKI Jakarta dan Banten juga diselenggarakan di beberapa provinsi di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan.

Kegiatan KRAR di wilayah lainnya diselenggarakan oleh science
center di masing-masing wilayah. Perwakilan pemenang terbaik dari masing-masing wilayah akan berkumpul dalam Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 30 September 2019.(AS)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top