Pasca Terjadi Kebakaran di Cikoko, Dewan Kota Jakarta Selatan Imbau Warga - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pasca Terjadi Kebakaran di Cikoko, Dewan Kota Jakarta Selatan Imbau Warga

Jakarta Selatan
pasca terjadi kebakaran di cikoko dewan kota jakarta selatan imbau warga
Kebakaran di kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran Jaksel

MEGAPOLITANPOS.COM, JAKARTA -
H. Yom Emzir, anggota Dewan Kota Jakarta Selatan mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah kebakaran di permukiman.

"Terkait seringnya kebakaran bangunan akhir-akhir ini, kami mengimbau masyarakat supaya lebih hati-hati terhadap hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran," katanya, Jumat, (06/09/2019)

Menurutnya, dampak tersebut bisa saja terjadi setiap saat. Terlebih saat memasuki musim kering atau kemarau, seperti yang terjadi yakni sekira pukul 18.30 Wib (05/09) kemarin di lokasi hunian kontrakan para penjual tempe di Jalan Cikoko Barat IV, Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

"Hingga hanguskan 12 bangunan hunian milik warga juga sejumlah barang berharga dan pasti mencapai nilai kerugian yang tidak sedikit, meskipun api telah berhasil dipadamkan." ungkapnya.



H. Yom Emzir meminta masyarakat agar berhati-hati menggunakan barang-barang yang dapat menyebabkan kebakaran, diantaranya seperti saat ingin menyalakan api dan kondisi listrik yang bisa menimbulkan percikan api.

"Menyalakan api jauhkan dari benda yang berpotensi menjalar juga hindari pemakaian saklar yang berlebihan di satu titik saklar karena bisa memicu hubungan pendek arus listrik." imbaunya.

Selanjutnya, dalam meletakkan lilin, lampu teplok dan minyak tanah, juga harus hati-hati. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Letakkan di tempat yang tidak mudah terbakar, sehingga bila tersenggol oleh binatang seperti kucing, anjing dan tikus maka tidak sampai memicu kebakaran," ucapnya.

"Selain itu, jaringan listrik yang sudah tua atau rusak, harus segera diganti. Namun, pemasangan jaringan listrik secara sembarangan dan penggunaan peralatan listrik yang tidak memenuhi standar keamanan, juga berisiko memicu kebakaran.

Menurutnya, lebih baik mengeluarkan biaya tidak seberapa daripada habis semuanya. Begitu juga pemasangan tabung gas harus terpasang dengan benar dan ditaruh pada tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak.

"Memang benar ada peribahasa yang menyebutkan bahwa api dapat bermanfaat tergantung dari ukurannya. Jika kecil menjadi sahabat, alias kawan, namun ketika besar justru menjadi lawan." pungkasnya. ** (Ahmad Romdoni)

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top