Jambore Tagana Nasional 2019, Akan Berpusat di Probolinggo Jawa Timur - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Jambore Tagana Nasional 2019, Akan Berpusat di Probolinggo Jawa Timur

Berita Daerah
jambore tagana nasional 2019 akan berpusat di probolinggo jawa timur
Banner

MEGAPOLITANPOS.COM, JAWA TIMUR -
Jambore Nasional 2019, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) seluruh Indonesia akan berpusat di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan akan berlangsung dari 25-28 September 2019 bertempat di Graha Candra Wilwatika, Danau Ranugrati Pasuruan dan Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, DR. Sukesi, mengatakan bahwa jumlah peserta adalah setiap perwakilan setiap provinsi se-Indonesia. "Rencananya akan diikuti dari 34 provinsi dan 1600 personil Tagana dari Provinsi Jawa Timur, bahkan akan menghadirkan dari Negara sahabat yang juga peduli terhadap bencana." katanya, saat rapat rencana pelaksanaan di salah satu tempat di Surabaya, Jatim. Minggu, (01/09/2019)

Menurutnya, Jambore Nasional 2019 nanti, bertajuk "Urip Iku Urup, Urup Kang Hanguripi " mempunyai arti bahwa hidup itu nyala, kehidupan yang memberi penghidupan. Tujuannya yaitu memberikan bentuk apresiasi kepada Kementerian Sosial (Kemensos) atas bentuk kontribusi yang selama ini diberikan ke Tagana Provinsi Jawa Timur.

Lalu, sebagai ajang dalam berbagi pengalaman dan proses belajar bersama dari setiap karakteristik bencana dan budaya. Kemudian, menjadikan wadah untuk peningkatan kompetensi dan pemetaan ketrampilan seluruh anggota Tagana se-Indonesia.

Serta mewujudkan pengembangan jejaring dan kemitraan baik tingkat Nasional maupun Internasional tehadap penanggulangan bencana untuk masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Dra. Restu Novi Widiani, Kabid Limjasos Dinsos Provinsi menambahkan, seperti diketahui bahwa Provinsi Jawa Timur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional Taruna Siaga Bencana se-Indonesia. "Untuk itu kami berharap dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Timur, agar acara bisa berlangsung dengan aman dan terlaksana dengan baik." harapnya.

Diakhir, Restu Novi menerangkan bahwa Taruna Siaga Bencana Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2017 dan Tahun 2018 menjadi Juara Umum. Berharap untuk tahun 2019 bisa meraih kembali Juara umum, minta doanya dari semua khususnya warga Jawa Timur.

"Kegiatan Jambore Nasional Taruna Siaga Bencana dilaksanakan mulai tanggal 25-28 September 2019 dan secara langsung kegiatan akan dibuka oleh Menteri Sosial didampingi Gubernur Jatim." tutupnya.

Dari keterangan, disebutkan kegiatan pada pelaksanaan nanti ada beberapa kegiatan seperti Tagana Jaga Alam dengan melakukan penanaman pohon dan melaksanakan bakti sosial kepada sejumlah lansia. Bagi mereka, Tagana Masuk Sekolah akan ditempatkan pada masing masing sekolah setempat yaitu di SMAN, SMPN, dan SDN Pandaan. ** (Eko Santoso)

Screenshot-2020-02-28-14-00-06-861-com-whatsapp

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top