Semarak HUT Kota Cirebon ke-650, Festival Empal Gentong Dibagikan Gratis - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Semarak HUT Kota Cirebon ke-650, Festival Empal Gentong Dibagikan Gratis

Berita Daerah
semarak hut kota cirebon ke-650 festival empal gentong dibagikan gratis
Festival Empal Gentong

MEGAPOLITANPOS.COM, CIREBON -
HUT Kota Cirebon ke-650, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Cirebon dan Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BP3) Kota Cirebon menggelar Festival Empal Gentong 2019 bertempat di Gedung DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat. Sabtu, (31/08/2019)

Diikuti oleh 20 peserta yakni para pengusaha empal gentong wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon. Festival ini merupakan sejarah pertama kalinya dalam menyatukan para pengusaha empal gentong Cirebon dalam melestarikan khas kuliner asli daerah.

Sultoni, selaku panitia dan juga pengurus Ketua Bidang UMKM dan Koperasi BPC Hipmi Kota Cirebon mengatakan, kami mengundang sejumlah pengusaha empal gentong dari mulai pengusaha kaki lima hingga berkelas restoran.



"Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam meriahkan HUT Kota Cirebon ke-650 tahun dan kami mengundang sebanyak 20 pengusaha, pengunjung dapat menikmati empal gentong secara gratis pada esok hari 1 Muharam 1440 H tanggal (01/09) usai gelaran sidang paripurna sebanyak 650 porsi dan habis itu kembali ke return harga semula." ungkap, Sultoni.

Selanjutnya, festival berlangsung selama dua hari yakni pada hari pertama dari pukul 08.00 Wib hingga pukul 22.00 Wib malam sedangkan hari kedua hingga pukul 17.00 Wib.

"Kegiatan festival ini merupakan sejarah pertama kalinya diadakan di Kota Cirebon. Bertujuan menyatukan para pengusaha Empal Gentong juga melestarikan kuliner khas masakan di Cirebon." imbuhnya.

Menurutnya, dengan kegiatan festival ini yang paling utama adalah ajang mempererat silatuhrahmi dengan pengusaha Empal Gentong dan bukan siapa yang nanti akan menang.



Sementara itu, Sartono salah satu pengusaha Empal Gentong 'Rizki' kaki lima yang berlokasi di Kanoman memberikan apresiasi yang sangat positif atas terselenggaranya festival tersebut. "Menjadi pengusaha empal gentong sudah terbilang cukup lama, generasi ketiga meneruskan warisan keluarga dalam berjualan." ujarnya.

Menurutnya, festival ini sangat positif sekali dan diharapkan selanjutnya bisa menjadikan kegiatan rutin disetiap tahunnya.

Terpisah, Yana salah satu pengunjung menilai bahwa makanan khas Cirebon ini harus selalu di lestarikan. "Setalah mencicipi empal gentong 'Rizki'kaya akan rempah rempah dan sangat berasa sekali dilidah, pas bangat bumbunya." tutupnya. ** (Sigit)

IMG-20200717-WA0141

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top