Menjamu Haji, Tradisi Silaturahmi yang Terus terpelihara - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Menjamu Haji, Tradisi Silaturahmi yang Terus terpelihara

Berita Daerah
menjamu haji tradisi silaturahmi yang terus terpelihara
Hampir semua Masjid diKota Pagaralam melakukan jamuan haji atau 'Njamu Kiaji'

MEGAPOLITAN POS

PAGARALAM - Menjamu haji atau sering disebut Walimatus Safar Haji, yakni mengundang mereka yang baru kembali dari ibadah haji di Mekkah untuk bersilaturahmi, membagi pengalaman spiritual haji dan makan bersama merupakan tradisi atau kebiasaan turun temurun bagi warga masyarakat Kota Pagaralam (Njamu Kiaji) yang jauh sebelumnya pernah dilakukan Rasul dan para sahabat. Menjamu haji dilakukan perorangan ditempat kediaman pribadi maupun dilakukan secara bersama-sama di Masjid.

Hampir semua Masjid diKota Pagaralam melakukan jamuan haji atau 'Njamu Kiaji', Masjid Al Djazila Jalan Air Perikan Kelurahan Nendagung Kecamatan Pagaralam Selatan salahsatunya.

Puluhan jamaah haji asal Kota Pagaralam yang baru pulang dari tanah suci Mekkah Al Mukaromah, Sabtu (31/8) memenuhi undangan jamaah Masjid Al Djazila untuk bersilaturahmi, makan bersama dan berbagi pengalaman selama menjalankan ibadah haji.

Menurut Erwansyah salahsatu pengurus Masjid, kegiatan ini dilakukan selain untuk memuliakan dan menyambut para jemaah haji yang baru pulang menjadi tamu Allah, juga dari pengalaman spiritual mereka selama berhaji diharapkan dapat memotifasi para jamaah dan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke lima.

" Silaturahmi ini kita lakukan secara sederhana dan penuh kekeluargaan, sebagai wujud penghargaan kita terhadap mereka (Jemaah haji) yang baru saja menjadi tamu Allah. Selain itu juga insya'Allah memotifasi kita untuk berhaji, sebagai perwujudan rukun Islam yang kelima," Jelas Erwansyah.

Sementara itu salahsatu perwakilan jemaah haji, H. Yansari menceritakan pengalaman selama menjalankan ibadah haji, banyak hal yang diluar dugaan yang sulit diterima nalar, namun itu semua wujud dari kebesaran Allah, SWT. Untuk itu, jelas Yansari, "Bagi jamaah sekalian yang belum berhaji, berihtiarlah dan berdo'a, agar diberikan kesempatan untuk menjadi tamu Allah ditanah suci Mekkah,". (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top