DPD RI Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi Informasi Alternatif Pembiayaan Daerah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

DPD RI Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi Informasi Alternatif Pembiayaan Daerah

Berita Daerah
dpd ri provinsi sumut gelar sosialisasi informasi alternatif pembiayaan daerah
Sosialisasikan Alternatif Pembiayaan Pinjaman Daerah

MEGAPOLITANPOS.COM, TANAH KARO -
DPD RI Provinsi Sumatera Utara menggelar sosialisasi tentang informasi alternatif pembiayaan daerah di Aula Kantor Gubernur, Jalan Raja Inal Siregar, Medan.

Anggota DPD RI Sumatera Utara, Parlindungan Purba, SH, selaku moderator menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan informasi agar pemerintah daerah paham dan tidak keliru tentang alternatif pinjaman pembiayaan daerah.

"Pinjaman daerah sebagai alternatif sumber pembiayaan dalam rangka mengakselarasi pembangunan infrastruktur daerah,"jelasnya.

Menurutnya, kedepan dalam hal ini pemerintah daerah tidak lagi melakukan peminjaman karena sekarang melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).
"Dengan begitu, ini akan lebih memudahkan untuk melakukan pinjaman," ujar, Purba. Senin, (26/08/2019)

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menanggapi sosialisasi alternatif pembiayaan daerah menerangkan bahwa untuk Pemda Karo sementara belum ada rencana melakukan pinjaman, walaupun terungkap bahwa pinjaman daerah lebih dipermudah sekarang kepada PT SMI.

"Disatu sisi bukan hal yang mendesak sebab semua ada syarat dan aturannya, begitu juga pinjaman daerah merupakan alternatif pendanaan APBD yang digunakan untuk menutup defisit APBD, pengeluaran pembiayaan, kekurangan arus KAS," terangnya.

Disisi lain, Efendi Sinukaban, Wakil Ketua DPRD Karo pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi bahwa kegiatan sosialisasi alternatif pembiayaan daerah ini sangat membantu.

"Kegiatan ini sangat baik sekali, hingga pemerintah dan anggota DPRD akan menjadi paham jika disuatu saat membutuhkan pinjaman daerah kami DPRD Karo sudah paham regulasi dan mekanismenya."ujarnya.

Efendi menambahkan, pada prinsip umum pinjaman daerah, harus merupakan inisiatif dalam rangka melaksanakan urusan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan perundang undangan. ** (Bz.laia)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top