Gubernur Banten Berikan Bantuan Bencana, Warga Sampaikan Apresiasi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gubernur Banten Berikan Bantuan Bencana, Warga Sampaikan Apresiasi

Peristiwa
gubernur banten berikan bantuan bencana warga sampaikan apresiasi
Salurkan bantuan warga terdampak musibah gempa Wilayah Banten

MEGAPOLITANPOS.COM, BANTEN -
Gubernur Banten, Wahidin Halim, mengintruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera menangani dan menyalurkan bantuan korban pasca bencana gempa yang terjadi waktu lalu di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Provinsi Banten.

“Penanganan harus segera dilakukan, bantuan harus cepat disalurkan agar masyarakat bisa segera pulih dan beraktifitas seperti biasa,”ujar, gubernur. Selasa, (06/08/2019)

Dalam kesempatan itu, gubernur menegaskan agar rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat akan diberikan bantuan dana senilai Rp. 5 juta hingga Rp. 25 juta untuk perbaikan rumah.

“Tidak hanya bantuan dana, kami juga menyalurkan bantuan logistik seperti makanan, lauk pauk, sandang dan kebutuhan dasar lainnya. Sehingga, para korban tidak perlu lagi memikirkan kebutuhan sehari-hari dan fokus pada pemulihan pasca bencana saja,” tuturnya.

Sebelumnya, gubernur juga telah menyerahkan bantuan dana stimulan kepada warga yang terkena dampak gempa di Wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, serta Kabupaten Serang.

Dari data penyerahan bantuan tersebut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) oleh Kepala BPBD Provinsi Banten E. Kusmayadi, untuk korban bencana perbaikan sarana umum dan 249 rumah yang mengalami kerusakan ringan, 77 rumah rusak sedang, dan 104 rusak berat

Penyaluran bantuan perbaikan rumah dan sarana itu di Kabupaten Pandeglang, sebanyak 181 rusak ringan, 76 rusak sedang dan sebanyak 102 rusak berat. Termasuk di Lebak, sebanyak 55 rusak ringan dan 2 mengalami rusak berat.

Sedangkan, di Kabupaten Serang sebanyak 13 rusak ringan dan 1 rusak sedang. Dan bagi warga yang mengungsi juga diberikan bantuan sarana yang dibutuhkan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banten, M Juhriyadi, menjelaskan rincian masing masing selain penerima bantuan perbaikan rumah dan sarana mereka juga mendapat bantuan logistik makanan, minuman, perlengkapan bayi, dan obat obatan dll yang dibutuhkan warga.

"Pendistribusian logistik ke Pandeglang, Lebak dan Kabupaten Serang telah dilakukan sejak tanggal 2-4 Agustus 2019, bantuan logistik dari Kementerian Sosial ke Pandeglang dan bantuan dari BNPB ke Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Diakhir dia juga menyampaikan dalam upaya penanggulangan lainnya pihaknya selalu mengaktifkan pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana, melaporkan adanya gempa bumi berpotensi tsunami, koordinasi dengan BPBD Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang, evaluasi mandiri warga terdampak, monitoring dan pemantuan warga terdampak, serta penilaian terhadap dampak bencana.

Sementara itu, Ade, salah satu korban bencana warga Desa Panjangjaya, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemprov Banten khususnya Gubernur yang telah menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumahnya yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa Jum’at lalu.

"Terimakasih kepada bapak Gubernur Banten beserta jajaran yang telah dapat membantu masyarakat, mudah-mudahan semua kebaikan bapak dibalas Allah SWT. Amin," tutup, Ade. **

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top