Komunitas Karya Masoraian Mendapat Izin Kelola Zona Danau Masoraian - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Komunitas Karya Masoraian Mendapat Izin Kelola Zona Danau Masoraian

Peristiwa
komunitas karya masoraian mendapat izin kelola zona danau masoraian
Yohanes Widada (kiri) saat di kantor KLHK, Selasa (6/8/2019)

MEGAPOLITANPOS.COM (Jakarta): Komunitas Karya Masoraian dari Desa Kotawaringin Hilir, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, mendapat izin pengelolaan kawasan Danau Masoraian.

Izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berupa izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakatan. Izin tersebut berupa Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, bernomor : SK.1628/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/3/2019.

"Komunitas Karya Masoraian merupakan komunitas sadar wisata dan petani hutan, yang sejatinya bertekad menyelamatkan hutan dan danau yang ada di dalamnya. Meski, izin yang diberikan Kementerian ini merupakan izin usaha panfaatan hutan," kata Yohanes Widada, selaku penasehat Komunitas Karya Masoraian kepada megapolitanpos.com di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (5/8/2019).

Lebih jauh ia menjelaskan, komunitas Karya Masoraian yang selama ini memiliki lebih dari 200 anggota, mendapat kepercayaan dari pemerintah, karena komunitas ini berkomitmen menyelamatkan dan melestarikan hutan beserta isinya. "Kawasan yang diberikan kepada kami adalah kawasan yang berstatus Hutan Produksi (HP) dan Hutan Produksi Konversi (HPK) yang kondisinya saat ini sudah rusak parah. Karena sudah dijarah para pembalak liar". lanjutnya.

"Dengan pemberdayaan masyarakat dan berbasis kepentingan komunitas, semua kegiatan usaha. Ada tiga macam usaha yang direkomendasikan oleh KLHK. Yaitu usaha pemanfaatan kawasan, usaha pemungutan dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, dan usaha pemanfaatan jasa lingkungan," lanjutnya.

Dengan keluarnya izin usaha pemanfaatan hutan seluas 3006 hektare ini, demikian papar Yohanes, langkah awal bagi pengurus komunitas adalah menyosialisasikan hal ini kepada seluruh stake holder yang ada. Baik stake holder yang ada di lingkungan pemerintah, lembaga, organisasi maupun warga masyarakat.

Yang pasti, kepada seluruh stakeholder akan kami sosialisasikan hak-hak komunitas atas areal hutan dan Danau Masoraian yang ada di dalamnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah disosialisasikannya kewajiban-kewajibannya. Kewajibannya berat, yaitu melestarikan hutan seisinya. "Karena itu, Komunitas Karya Masoraian mohon support dan dukungan seluruh pemangku kepentingan yang ada," pungkas Yohanes Widada.


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top