Kenali Lingkungan, Santri Al Huda Bersihkan Sampah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kenali Lingkungan, Santri Al Huda Bersihkan Sampah

Pendidikan
kenali lingkungan santri al huda bersihkan sampah
Santri Pesantren Al-huda menambal jalan yang berlobang.

MEGAPOLITANPOS.COM (Kotawaringin Lama) - Pondok Pesantren Al-huda punya cara unik kenalkan lingkungan bagi para santri.

Dalam rangka mengisi kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi santri baru, Pesantren yang berada di Kotawaringin Lama, kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah ini melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan kampung.
Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu wujud dari cinta Tanah Air. Sebelum kegiatan mwmunguti sampah di permukinan, santri Pondok Pesantren SMP IT Alhuda mendapat pembekalan tentang bahaya narkoba dari para dokter setempat. Juga pembekalan cinta tanah air dan faham kebangsaan dari Kapolsek dan Danramil Kotawaringin Lama.

Setelah kegiatan pembekalan itu selesai, pada hari ketiga (12 - 14 juli 2019) para santri beserta seluruh guru serta pengurus komite mengadakan kegiatan sosial dengan melakukan pemungutan sampah di dalam ibu kota Kecamatan Kotawaringin Lama.

Selain itu juga melakukan perbaikan beberapa titik lobang di jalan desa dengan cara menutup lobang-lobang tersebut menggunakan semen.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua Yayasan Ponpes Pendidikan IT Alhuda yaitu Gusti Samudera, yang didampingi oleh seluruh dewan guru.

Menurut Gusti Samudera membersihkan sampah adalah kegiatan rutin. "Ini kegiatan rutin enam bulan sekali kalau memungut sampah disepanjang jalan. Kali ini kita tambah sedikit kegiatan dengan menambal jalan yang berlobang. Karena lobang-lobang yang ada sangat berbahaya sekali bagi pengguna jalan. Apa lagi ini dalam kota kecamatan seperti di depan Kantor Camat dan di depan sekolah dasar.

"Ini semua kegiatan mengajarkan kepada seluruh santri, bahwa kepedulian terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita wajib menjadi tanggung jawab bersama.

"Hanya dengan cara sederhana ini yang dapat kami lakukan sebagai wujud kecintaan kami terhadap kecamatan Kotawaringin Lama. Apalagi Kotawaringin adalah kecamatan yang memiliki sejarah kesultanan tertua di Kalteng," timpal ustadz Sarwani.

Kegiatan ini ditutup dengan makan bersama di Astana Alnursari, sebuah istana Raja Kerajaan Kotawaringin yang dibangun swkian abad silam, dan masih lestari hingga kini.

"Lingungan yang kita kenalkan kepada santri bukan hanya jalan dan permukiman. Tetapi juga lingkungan budaya dan sejarah yang ada di Kotawaringin Lama ini," pungkas Kepala Selolah, Sukawi.
"
Dalam kegiatan ini salah seorang tokoh masyarakat Kotawaringin H Napis mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan seluruh santri Ponpe SMP IT Alhuda. "Ini bukti nyata dan ikhlas dalam berbuat untuk kebersihan lingkungan dan keselamatan pengguna jalan." (sam/*)

Author

Sam
Sam

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top