SMAN1 Tumpang-Malang Kian Kinclong, Raih Indonesian Achievement Award - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

SMAN1 Tumpang-Malang Kian Kinclong, Raih Indonesian Achievement Award

Pendidikan
sman1 tumpang-malang kian kinclong raih indonesian achievement award
Kepala Sekolah SMAN1 Tumpang Edy Parlindungan menerima Indonesian Achievement Award.

MEGAPOLITANPOS.COM (Malang) : Berlomba mengukir prestasi. Itulah gambaran yang kini dialami oleh SMAN 1 Tumpang yang berlokasi di Jalan Kamboja No.10, Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

SMAN 1 Tumpang atau yang populer disebut SMANETA kini tampak semakin kinclong prestasinya. Baik dari segi tata kelola administrasi pendidikan, pengelolaan pendidikan ekstrakurikuler maupun prestasi siswa-siswinya terutama lulusannya yang diterima di perguruan tinggi.

Salah satu bukti bahwa SMANETA kini kian gemilang adalah, diraihnya penghargaan Indonesian Achievement Award pada 22 Maret 2019 lalu, untuk kategori sekolah yang kreatif, kaya inisiatif dan inovatif. Penghargaan bergensi tersebut diberikan oleh Indonesian Achievement Award, dengan label best of the best award.

Lembaga ini mendedikasikan kegiatannya di bidang pendidikan, kesehatan dan hukum.

Penghargaan ini adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang memiliki tingkat pendidikan, kesehatan dan hukum yang baik.

Penghargaaan ini diadakan setiap tahun, dan baru kali ini SMANETA mendapatkan penghargaan yang luar biasa itu. Sudah pasti, karena ini adalah penghargaan tingkat nasional, maka SMANETA bersaing ekstra ketat dengan ribuan sekolah yang ada di Indonesia.

Dan tahun 2019 ini SMANETA termasuk salah satu dari 15 sekolah terbaik yang mendapatkan penghargaan.

Semua ini berkat kegigihan dan keuletan Edy Parlindungan S.pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Tumpang. “Saya bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan, dan penghargaan ini sebenarnya juga sebagai cambuk buat saya untuk lebih meningkatkan SMANETA ini," ujarnya kepada megapolitanpos.com

Selain itu SMANETA bisa sebagai contoh di Kabupaten Malang. Terutama sekali dalam hal kedisiplinan, keagamaan serta tingkat pendidikan. Tidak hanya itu SMANETA banyak membantu pelajar yang kurang mampu bahkan menggratiskan segala keperluan adminitrasi," lanjut Edy.

Masih penuturan Edy kepada megapolitanpos.com, proses penilaian sekolah ini dilakukan secara diam-diam. Para penilai dapat menjadi dan menanyai siapapun yang ada di SMANETA. Dengan dimintanya berbagai berkas seperti profil sekolah, berkas-berkas sekolah dalam 2 hari, hal ini pasti membuat sekolah kalang kabut waktu itu. "Jika tidak dapat terkumpulnya berkas-berkas ini dalam 2 hari maka sekolah bisa saja dianggap tidak memiliki data yang valid terhadap pendidikan."

Lebih jauh Edy berkisah tentang pengalamnya mendapat kejutan adanya penghargaan itu. “Saya waktu itu dikirimi surat yang isinya menyatakan SMANETA masuk nominasi Indonesian Achievement Awards”

Penghargaan itu diberikan dalam sebuah acara di Hotel Mercury, Surabaya. "Dari sekolah ini, yang turut hadir adalah saya Edy Parlindungan S.Pd, M.Pd, Ibu Yuni Sulis, dan Bapak Ratno."

Edy Parlindungan menjelaskan, saat pemberian penghargaan itu pihaknya berjumpa dengan puluhan kepala sekolah dari sekolah lain di Indonesia. "Saya di sana bertemu kepala sekolah dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dan mereka sepertinya juga merasa surprise, bahkan ada yang bingung ada apa kita dipanggil.... dan ternyata di sana dari 50 orang yang dipanggil ada 15 orang yang mendapatkan penghargaan. SMANETA adalah salah satunya," kata bapak yang mempunyai 2 anak ini.

Penghargaan yang diterima, juga dikarenakan warga SMANETA yang tertib dan disiplin. Karena dengan penghargaan ini, SMANETA sudah dianggap menjadi sekolah yang bagus.

Penilaian dilakukan dengan sangat rahasia karena dari pihak sekolah sendiri juga tidak mengetahui kapan penilaiannya dan apa saja kategori yang dinilai.

Ke-15 sekolah yang mendapatkan penghargaan ini memang memiliki kineja yang sangat bagus. Salah satunya ada sekolah yang mampu berkerja sama dengan universitas di Amerika, Taiwan dan Jepang.

“Untuk itu saya langsung MOU dengan mereka agar anak-anak saya di sini dapat diterima di sana”, ujar Edy.

Dalam hal ini, penghargaan tidak hanya tingkat SMA, tetapi juga diberikan kepada tingkat pendidikan SD, SMP bahkan sampai Universitas.

Penghargaan yang didapat SMA Negeri 1 Tumpang ini, dapat menjadi cambuk agar SMANETA lebih baik lagi. "Saya ingin SMA ini semakin berprestasi ke depannya. Anak-anaknya semakin rajin dan disiplin, guru-gurunya juga semakin rajin, disiplin, menjadi contoh yang baik, memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar dan siap berpacu untuk meraih prestasi di masa depan. Karena tahun- tahun yang akan datang kompetisi semakin berat, dengan harapan para siswa dapat masuk ke universitas. Terutama universitas yang bekerja sama dengan SMAN1 Tumpang.

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasanya disingkat SBMPTN, menunjukkan bahwa kurang lebih 50 peserta didik SMAN 1 Tumpang berhasil masuk perguruan tinggi yang mereka cita-citakan. Contohnya seorang siswi yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS SMAN 1 Tumpang, Syafi’atul Maulidiya berhasil mendapatkan salah satu kursi pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya.

Yang pasti, segudang prestasi baik akademik maupun non akademik sudah diukir oleh para peserta didik. Dan ini pasti mengharumkan nama sekolah tercinta SMAN 1 Tumpang. (ML/*)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top