Pemerintah Buka Peluang WNI Daftar Anggota DJSN - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemerintah Buka Peluang WNI Daftar Anggota DJSN

Peristiwa
pemerintah buka peluang wni daftar anggota djsn
DJSN

Caption Foto: dari Kiri (Anggota Pansel, Angger P Yuwono; Anggota Pansel, Dinna Wisnu; Ketua Pansel, Tubagus Achmad Choesni; Anggota Pansel, Kuntjoro Adi Purjanto; Anggota Pansel, Horbonat Sinaga)

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta : Sehubungan akan berakhirnya masa keanggotaan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) periode 2014 – 2019 pada 19 Oktober 2019, maka pemerintah melalui Kepres nomor 60/P tahun 2019 tentang Penetapan Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota DJSN masa jabatan 2019 – 2024.

Menindak lanjuti hal tersebut maka DJSN mengundang Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki keahlian, kepedulian dan pengalaman dalam bidang jaminan sosial yang berusia 40-60 tahun untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota DJSN.

Pendaftaran seleksi Calon Anggota DJSN dapat diajukan kepada PANPEL dengan alamat Lt. 2 Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BPPK) Jl. Hang Jebat Raya F.3 atau pada gedung Kementerian Ketenaga kerjaan, Jl.Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Ketua Panitia Seleksi Tubagus Achmad Choesni mengatakan, seleksi anggota DJSN dibuka mulai 26 Juni dan akan berakhir pada 15 Juli 2019. “Kami mengundang segenap warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dari berbagai unsur tokoh/ahli, unsur organisasi pemberi kerja/organisasi pengusaha, dan unsur Organisasi Pekerja/Organisasi Buruh untuk mengikuti seleksi,” kata Tubagus, pada acara Konferensi pers terkait seleksi anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) 2019-2024 di Jakarta, Selasa (2/7).

Tubagus menuturkan, pelaksanaan seleksi anggota tahun ini tidak jauh berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya. “Untuk yang membedakan prasyarat tidak ada yang berbeda, hanya umur saja. Tentang yang lainnya sama saja,” kata dia.

Anggota Pansel, Dinna Wisnu menambahkan dalam DJSN bukan pembiayaan semata yang menjadi sering dibicarakan, tapi lebih kepada semangat peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “ Periode yang sekarang, terlalu banyak kita bicarakan terkait pembiayaan semata , seharusnya pelayanan terhadap masyarakat yang menjadi semangat dan keberlangsungan JSN itu sendiri,” kata Dinna.

Terkait kriteria calon anggota, Dinna berkomitmen mencari orang-orang terbaik diseluruh Indonesia, agar dapat mewakili kondisi daerahnya. “ Lewat pansel ini kita komit mencari orang-orang terbaik diseluruh Indonesia dan dari berbagai daerah, bukan hanya dari jawa sebab kita butuh mereka supaya orang diluar jawa terpotret bisa terwakili.,” imbuhnya.

Sementara itu Anggota Pansel , Angger P Yuwono mengatakan, anggota DJSN memiliki tugas yang cukup berat yakni melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan JSM. “Yang cukup utama dan berat adalah monitoring dan evaluasi, kami memastikan JSM berfsungsi dengan baik. Hanya kemudian problematikanya semakin kompleks, tentu harus mampu dan sampai saat ini kalau orang mengatakan bahwa orang yang berdampak begitu besar. Bahkan seluruh pekerja,” ungkapnya.

Apalagi, kata Angger, segmentasi penerima JSN juga berbeda. “Meskipun, ketentuan tidak jauh berbeda, karena fungsinya adalah sangat strategik untuk membantu presiden untuk program jaminan sosial ini. Tapi karena segmentasi penerima JSN berbeda sehingga kedepan anggota DJSN harus memiliki dedikasi untuk dapat memberikan solusi bagi penyelenggaraa jaminan sosial,” pungkasnya.(Ach.Sholeh)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top