Tak Miliki Dokumen Resmi, Sat Reskrim Majalengka Ringkus Pelaku Ilegal Loging - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Tak Miliki Dokumen Resmi, Sat Reskrim Majalengka Ringkus Pelaku Ilegal Loging

Kriminal
tak miliki dokumen resmi sat reskrim majalengka ringkus pelaku ilegal loging
Pelaku ilegal loging

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka -
Berawal kecurigaan warga lalu melaporkan kepada petugas, ketiga pelaku dugaan Ilegal loging diamankan Satuan Reserse Kriminal Polres Majalengka. Mereka kedapatan membawa kayu jenis sonokeling tanpa dokumen yang resmi.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui Kasat Reskrim AKP Wafdan menerangkan, ketiga pelaku yakni DS, WY dan RS alias Cakil dan barang bukti seperti kayu potongan jenis sonokeling sebanyak 10 batang, alat pemotong kayu, HP, meteran dan satu unit kendaraan R4 bak nopol E 8610 AP jenis L300 merk Mitsubishi di Kawasan Hutan Diklat Kadipaten, RPH Pancurendang, BKPH, KPH Majalengka.

"Kami menerima laporan dari warga pada tanggal (02/06/2019) sekira pukul 20.30 Wib, tak berselang lama dari itu pelaku dan barang bukti berhasil diamankan." ungkapnya. Selasa, (11/06/2019)

Kasat menjelaskan, saat dilakukan penggerebegan di lokasi telah menangkap satu pelaku yang diketahui warga Desa Majasuka, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka berinisial DS. Hasil penyelidikan, kemudian meringkus pelaku lainnya WY dan RS.

"Kepada petugas penyidik pelaku mengaku, tidak memiliki dokumen yang resmi dan kayu sonokeling yang telah di potong dan diangkut ke mobil merupakan hasil dari pembalakan liar kawasan BKPH Majalengka di Desa Cipaku, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat." ujarnya.

Menurutnya, ketiga pelaku ilegal loging tersebut tidak memiliki dokumen resmi dan masing masing mempunyai peran yang berbeda. Ada yang bertugas mengawasi untuk memastikan situasi aman pada saat proses pemotongan dilakukan hingga bertugas sebagai penyedia kendaraan angkut.

"Rencananya kayu hasil kejahatan yang mereka lakukan akan dijual ke daerah Banyumas, Jawa Timur. Akibat perbuatanya, ketiga pelaku ilegal loging terancam pasal 83 ayat (1) Jo Pasal 85 ayat UU RI No 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan, dengan ancaman lima tahun penjara," tutupnya. ** (Sigit)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top