Dengan 3.500 Pengunjung, Kampung Ramadhan Bukukan Nilai Transaksi Rp 515.860.000 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dengan 3.500 Pengunjung, Kampung Ramadhan Bukukan Nilai Transaksi Rp 515.860.000

Peluang Usaha
dengan 3500 pengunjung kampung ramadhan bukukan nilai transaksi rp 515860000
Deputi Produksi dan Pemasaran Vicktoria Br Simanungkalit didampingi Menkop Puspayoga saat acara Kampung Ramadhan 2019

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakata : Kampung Ramadhan 2019 adalah sebagai upaya peningkatan usaha KUKM khususnya di Bulan Ramadhan, dengan memanfaatkan perilaku konsumen Indonesia yang cenderung lebih konsumtif serta memberikan efek positif kepada dunia usaha.

Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Vicktoria Br Simanungkalit pada wartawan diJakarta, (22/5/2019).

Kampung Ramadhan merupakan bazar tahunan yang diadakan Kementerian Koperasi dan UKM di halaman kantor Kementerian untuk menyambut lebaran 2019.Dengan mengangkat tema ramah lingkungan / sustainable material yaitu bambu, dengan harapan event ini turut mempromosikan kearifan lokal dan memberi nilai tambah produk bambu.

Kegiatan Kampung Ramadhan yang diselenggarakan pada 20 – 21 Mei 2019 berhasil mencatat nilai transaksi Rp. 515.860.000,dan telah dikunjungi oleh ±3500 orang masyarakat maupun karyawan/karyawati di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.

” . Total dua hari transaksi tercatat Rp. 515.860.000, dengan rincian transaksi pabrikan senilai Rp 429.120.000,- dan transaksi UKM meraih hasil sebesar Rp 86.740.000,-. Produk yang diminati adalah paket sembako, biskuit, dan fesyen muslim,” ungkap Vicktoria.

Vicktoria menjelaskan dalam Bazar Kampung Ramadhan tersebut pihaknya menggandeng 90 pelaku usaha makanan dan kebutuhan sehari-hari sebagai peserta bazar, yang terdiri dari 60 perusahaan ritel, swasta, Bulog, Toko Tani Kementerian Pertanian, serta koperasi produk hasil laut dan olahan binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menjual berbagai kebutuhan sembako murah, makanan olahan, dan lainnya, serta 14 UKM kuliner khas Ramadhan, juga 16 UKM fesyen dan aksesoris.

“ Dengan menawarkan sembako dan kebutuhan sehari-hari yang lebih murah dan memberikan promo menarik, upaya ini dilakukan dengan harapan agar warga sekitar kantor, serta karyawan-karyawan Kementerian Koperasi dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga sebelum lebaran dengan harga murah dengan kualitas produk tetap terjamin,” imbuhnya.

Pemanfaatan Rest Area Jalan Tol untuk KUKM

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran telah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR untuk penyediaan data lokasi TIP yang telah siap operasional, serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah seperti Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat untuk mengusulkan Koperasi dan UKM yang memiliki produk khas daerah dan berkualitas untuk mengisi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) jalan tol di ruas Pulau Jawa khususnya Tol Tran – J awa.

“ Adapun hasil koordinasi dengan BPJT adalah jangkauan lokasi TIP rest area dipilih yang dekat dengan pusat pertumbuhan. Untuk rest area yang sudah beroperasi, lokasi penempatan KUKM baru akan diajukan ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk diteruskan ke pengelola. Sedangkan untuk TIP rest area yang dalam masa konstruksi, akan dibuat suatu konsep KUKM untuk menempati TIP rest area tersebut,” Ungkap Vicktoria.

Selain itu menurutnya, akan dikembangkan pula mekanisme dagang KUKM baik secara berkala, setiap hari atau pada event-event tertentu (seperti lebaran, natal dan tahun baru).

Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terdapat 40 UKM yang sudah ditempatkan pada dua lokasi TIP yaitu Rest Area Banjar Ratma Km. 260 B Kabupaten Brebes dan Rest Area Salatiga Km. 456 Kota Salatiga.

“ Untuk data TIP lainnya saat ini kami masih terus berkoordinasi. Perlu mekanisme yang berbeda untuk pengembangan KUKM yang sudah ada di TIP Jalan Tol (KUKM existing) dengan KUKM terdampak pembangunan jalan tol yang akan mengisi TIP baru,” katanya.

*** AS

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top