Kantong Plastik Mengandung Kimia Segera Dibatasi, Kata Rekan Indonesia - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kantong Plastik Mengandung Kimia Segera Dibatasi, Kata Rekan Indonesia

Kesehatan
kantong plastik mengandung kimia segera dibatasi kata rekan indonesia
foto dari inionline.id

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Di Jakarta banyak kantong plastik tidak ramah lingkungan dan mengandung bahan-bahan kimia seperti, styrene trimer dan bisphenol A dengan beragam penyakit dan cacat tubuh. Maka dikeluarkanlah peraturan gubernur (pergub) berkaitan dengan pembatasan penggunaan plastik perlu segera diberlakukan.

Ketua Nasional Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia, Agung Nugroho mengatakan, berdasarkan hasil dari kajian Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta memang sangat diperlukan pengurangan penggunaan plastik di Ibukota agar DKI Jakarta semakin ramah lingkungan.

"Dalam satu tahun sampah plastik di Jakarta mencapai sekitar 357 ribu ton. Khusus untuk kantong plastik menyumbang 1.900 sampai 2.400 ton per tahun atau setara 240-300 juta lembar kantong plastik," ujarnya, Selasa (21/5). Dikutip dari rilis beritajakarta.id.

Agung berharap, baik pemerintah maupun kalangan swasta bisa segera menyiapkan bahan-bahan alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk meminimalisir penggunaan plastik, terutama sebagai pengganti kantong plastik.

"Kami berharap pengurangan penggunaan plastik dapat berbanding lurus dengan meningkatnya derajat kesehatan warga DKI. Sebab, dampak penyakit yang dipicu sampah plastik bisa diminimalisir," terangnya.

Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia sangat mendukung berbagai upaya Pemerintah Provinsi (Pempov) DKI untuk mengurangi penggunaan plastik, terutama yang bersifat sekali pakai.(wahyudin)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top