Sekda Ingatkan, Hati Hati Kelola Dana Kelurahan. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sekda Ingatkan, Hati Hati Kelola Dana Kelurahan.

Berita Daerah
sekda ingatkan hati hati kelola dana kelurahan
Sekretaris daerah Kota Pagaralam, Drs. Syafruddin, M.Si

MEGAPOLITAN POS, Pagaralam.

Sebanyak 35 kelurahan di lima kecamatan yang ada diwilayah Kota Pagaralam Sumatera Selatan, termasuk dalam 8212 Kelurahan seluruh Indonesia yang akan menerima dana alokasi umum (DAU) untuk kelurahan.

Masuk dalam kategori ' Kelurahan yang sangat perlu ditingkatkan ', setiap kelurahan mendapat alokasi dana sebesar Rp 384 juta, yang diperuntukkan pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat kelurahan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018. Untuk itu, pemerintah Kota Pagaralam menerima 13.44 Milyar rupiah bersumber dari dana kelurahan tahun anggaran 2019.

Demikian disampaikan Sekretaris daerah Kota Pagaralam, Drs. Syafruddin, M.Si saat dibincangi MP diruang kerjanya, Rabu (14/5). Dirinya juga mengingatkan, seluruh kegiatan terkait dana kelurahan agar dikelola sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang ada," Sebanyak 35 kelurahan di Kota Pagaralam akan menerima dana kelurahan masing-masing 384 juta rupiah, seluruh kegiatan terkait dana tersebut saya harapkan dilaksanakan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku, jangan ada penyimpangan," jelas Syafruddin.

Ditambahkannya, sekarang ini sebagian dana tersebut untuk tahap I (50 persen) sudah masuk di kas daerah Pemkot Pagaralam, yang nantinya dapat digunakan jika semua persyaratan dan ketentuan sudah terpenuhi, termasuk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kecamatan. Selain itu, sesuai pemendagri kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

" Sekarang untuk dana tahap I sudah ada di kasda Pemkot Pagaralam, artinya kelurahan sudah bisa memulai kegiatannya. Kegiatan yang dimaksud sesuai dengan permendagri no 130 tahun 2018 yang sudah melalui proses musyawarah pembangunan kelurahan yang dimasukkan dalam anggaran kecamatan pada bagian anggaran kelurahan, yang benar-benar harus menyentuh kebutuhan masyarakat," Jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penyerapan dana kelurahan tahun 2019 ini, baik aparatur pemerintah seperti camat selaku pengguna anggaran (PA) dan lurah selaku kuasa pengguna anggaran (KPA), PPK, PPTK, PPKP, bendahara maupun pihak lain untuk bekerja dengan sebaik mungkin dan menghindari terjadinya penyalahgunaan dana kelurahan tersebut," Kita akan lakukan pengawasan secara ketat, karena apabila ditahun ini berjalan baik, tahun yang akan datang akan mendapatkan lebih besar lagi," pungkas Syafruddin. (JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top