Presiden Tinjau Langsung Lokasi Pemindahan Ibukota Di Kalimantan Tengah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Presiden Tinjau Langsung Lokasi Pemindahan Ibukota Di Kalimantan Tengah

Berita Daerah
presiden tinjau langsung lokasi pemindahan ibukota di kalimantan tengah
Bandara Tjilik Riwut kalimantan Tengah

MEGAPOLITANPOS.COM:Palangka Raya- Pesawat berbadan besar jenis boeing 737-800 yang mendominasi warna biru langit dan putih, berlogo burung Garuda Pancasila, bertuliskan Republik Indonesia mendarat mulus di bandara Tjilik Riwut yang merupakan Bumi Tambun Bungai

Tampak beberapa pejabat penting di Kalimantan Tengah sedang menunggu kehadiran sosok seorang Presiden turun dari dalam pesawat.
Selain Pangdam XXI/Tanjung Pura, Kapolda Kalteng serta Gubernur Kalteng, turut pula Wali Kota Palangka Raya muda, Fairid Naparin berada di samping Kapolres dan Dandim Palangka Raya.

Setelah pesawat mendarat dengan sempurna tidak lama kemudian pintu pesawat Kepresidenan terbuka dan muncul orang nomor satu di Indonesia yang tidak asing lagi, adalah Presiden RI Joko Widodo.
Kehadiran Joko Widodo yang lebih akrab di panggil Jokowi, menggunakan setelan kemeja warna putih celana hitam angsung di sambut oleh Gubernur Kalteng dan Wali Kota Palangka Raya, Kamis (09/05)

Sebelum mendatangi Kalimantan Tengah, Jokowi juga berkunjung ke Kalimantan Timur untuk melihat lokasi yang disiapkan untuk pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI. Kedatangan Jokowi sendiri ke Kaltim dan Kalteng tidak lain adalah untuk melihat daerah yang akan direncanakan sebagai lokasi Ibu Kota Pemerintahan RI, yang rencananya akan dipindahkan Jakarta.

Di Kalimantan Tengah ada tiga (3) daerah "Segitiga Emas" yang disiapkan sebagai lokasi Ibu Kota Pemerintahan, diantaranya adalah Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan Kota Palangka Raya .
Secara geografis lokasi yang direncanakan akan menjadi tempat berdirinya Ibu Kota adalah mempunyai kontur tanah agak berbukit dan tidak berlahan gambut, itu semua ada diperbatasan antara Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan Kota Palangka Raya.


Fairid Naparin saat dimintai pendapatnya tentang bagaimana kesiapan kota Palangka Raya jika nantinya menjadi salah satu bagian "Segitiga Emas" Ibu Kota Pemerintahan RI, dia mengatakan "Bila memang itu sebuah keputusan maka akan berbenah diri," ucapnya.


Jadi atau tidaknya rencana Kalimantan Tengah menjadi sebuah Pusat Pemerintahan RI, itu merupakan keputusan pemerintah pusat, tapi yang lebih penting kesiapan SDM yang notebene adalah masyarakat yang masih memegang adat istiadat dan menjunjung tinggi kebudayaan serta mempunyai prinsif Huma Betang tidak tergerus dan sirna, bila memang menjadi Ibu Kota Pemerintahan republik Indonesia.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top