Pemilu 2019 Di Pamekasan, Ditemukan Dugaan Penggelembungan Suara - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pemilu 2019 Di Pamekasan, Ditemukan Dugaan Penggelembungan Suara

Berita Daerah
pemilu 2019 di pamekasan ditemukan dugaan penggelembungan suara
Ilustrasi

MEGAPOLITANPOS.COM, Pamekasan - Ditemukan dugaan adanya indikasi pelanggaran Pemilu pada 17 April 2019, lalu di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Pamekasan, PPK, dan KPPS juga dari pengawas pemilu yakni Bawaslu dan Panwascam dinilai terkesan acuh.

Pasalnya, perubahan data dari hasil perolehan suara Calon Legislatif (Caleg) yang diterima seperti C1, DAA I dan DA 1
oleh sejumlah partai politik peserta pemilu terlihat adanya penggelembungan perolehan suara.

Khairul Kalam, sebagai Bendahara Umum di DPC Partai Gerindra Kabupaten Pamekasan, menanggapi hal tersebut membenarkan. Ia juga menerangkan, bahwa pihaknya pun melihat adanya perpindahan suara Caleg yang mengakibatkan terjadi penggelembungan perolehan suara sehingga terkesan brutal.

"Salah satu contoh, perolehan suara semisal milik Caleg DPR RI, MH Said Abdullah dari Partai PDI Pejuangan. Hasil suara yang diperoleh dari DA I sebanyak 1.586 jumlah suara namun saat hasil rekapitulasi tingkat Daerah Kabupaten hasil perolehan suara dari data DB I berubah menjadi 3.486 jumlah suara." ungkapnya. Rabu, (08/05/2019)

Ia menjelaskan, artinya Caleg tersebut mendapat perolehan suara lebih sehingga terjadi selisih sebanyak 1900 jumlah suara.

Disebutkan olehnya, lain lagi dengan Caleg H. Muhammad Masduki dari Partai Bulan Bintang (PBB). Perolehan suara menjadi hilang 614 suara, menurut data DA I mendapat perolehan 706 suara namun saat dihasilkan rekapitulasi dari data DB I menjadi 92 jumlah perolehan suara.

Pihaknya menduga terjadinya hal tersebut disinyalir adanya konspirasi oleh oknum penyelenggara pemilu yang mengistimewakan pada salah satu partai itu, berbeda dengan partai lainnya malah jumlah perolehan suara menjadi hilang.

Dari hal ini, pihak KPU dan Bawaslu Pamekasan belum bisa dimintai keterangannya. (Hen)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top