Turidi : Pemilu Tahun 2019 Paling Melelahkan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Turidi : Pemilu Tahun 2019 Paling Melelahkan

Politik
turidi pemilu tahun 2019 paling melelahkan
Turidi Susanto

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang-Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang sekaligus Jubir BPD Prabowo Sandi, Turidi Susanto Rabu (08/05 2019) sekaligus juga sebagai caleg Di Dapil 3 mengatakan Pemilu kali ini adalah yang paling melelahkan, cukuplah sekali ini karena banyaknya korban, termasuk di Panunggangan Barat Kota Tangerang ada ketua KPPS yang meninggal dunia.
Turidi lebih lanjut mengatakan dalam Pemilu kali ini ada pendisribusian logistik surat suara yang tertukar,”seperti yang terjadi di Dapil saya sendiri surat suara di Dapil 3 tertukar dengan surat suara Dapil 4. Hal tersebut menjadi suatu masalah yang harus diselesaikan dan menjadi catatan khusus bagi KPU,” harapnya.

Menurut Turidi kaitan dengan KPPS, untuk dievaluasi yaitu saat mereka merekrutmen banyak sekali orang baru yang tidak paham dengan penyelenggaraan Pemilu, ada beberapa TPS yang menghitung dan membaca kertas suara salah,”contoh apabila mencoblos Partai dan mencoblos caleg maka suara itu lari ke Partai. Sedangkan aturannya adalah seharusnya ke Caleg,” ujarnya.

Hal lain lagi menurut Turidi adalah cara penghitungan surat suara, pada saat penghitungan C1 Plano dengan C1 Hologram terjadi perbedaan, contoh misalnya jumlah suara 250 per TPS itu bisa menjadi 270, kenapa demikian?,”karena mencoblos tanda Partai dengan caleg itu menjadi 2 (dua) suara, sehingga pada saat akumulasi terjadi penambahan,” ucapnya.

Menurut Turidi KPU Kota belum bisa secara maksimal melakukan perekrutan kaitan dengan KPPS. Tidak adanya Call Center, sehingga apa yang terjadi di lapangan tidak bisa ada yang dihubungi,”Saya sendiri saat menghubungi KPU Kota Tangerang tidak diangkat, melakukan koordinasi dengan KPU sulit sehingga complain lambat sampai ke KPU Kota Tangerang,” jelasnya.

“Di tempat saya sendiri Dapil 3 surat suara tertukar tertukar dengan Dapil 4, itu adalah catatan yang harus di evaluasi oleh KPU,” tuturnya.

Mengenai Sosialisasi Ayo Mencoblos ke TPS sudah bagus, termasuk pihak Kepolisian juga sudah mensosialisasikan ke bawah, yang menjadi masalah KPU Kota Tangerang sebagai penyelenggara Pemilu tidak memaksimalkan teknis pencoblosan,”Saya kira ini adalah Pemilu yang paling molor rapat Pleno yang molor, juga banyaknya panel panel penghitungan, bahkan sampai dengan 6 panel untuk mengejar keseluruhan, bagaimana bisa memaksimalkan peran tersebut,”sedangkan KPPS sendiri terbatas, mereka ada yang sakit bahkan meninggal, kami cukup prihatin dengan kejadian tersebut,” ucapnya.(*)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top