Rekan Indonesia Jatim Dukung Upaya Gubernur Kurangi Sampah Plastik - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Rekan Indonesia Jatim Dukung Upaya Gubernur Kurangi Sampah Plastik

Peristiwa
rekan indonesia jatim dukung upaya gubernur kurangi sampah plastik
Rekan Indonesia Jatim Saat Muswil II

MEGAPOLITANPOS.COM. SURABAYA- Plastik merupakan salah satu bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai hal, seperti membawa barang-barang yang tidak cukup dibawa hanya dengan menggunakan kedua tangan atau membungkus sesuatu yang hendak dibawa maupun diberikan kepada seseorang. Bahkan karena seringnya digunakan, plastik seolah-olah telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat.

Padahal sebenarnya plastik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan apabila sudah tidak digunakan lagi, di mana istilah plastik yang sudah tidak digunakan tersebut dikenal dengan sebutan sampah plastik.

Berdasarkan hasil riset sebuah lembaga lingkungan hidup, setiap orang di Indonesia menggunakan setidaknya 700 kantong plastik per tahunnya atau dua kantong plastik dalam sehari. Parahnya lagi, sampah-sampah plastik tersebut tidak semuanya sampai ke tempat pembuangan yang seharusnya sehingga dapat didaur ulang, tetapi justru berserakan di mana-mana.

Berserakannya sampah plastik juga terjadi di wilayah Jawa Timur, bukan hanya berserakan di jalan tapi juga berserakan di sungai dan pinggiran sungai. Sampah plastik yang memenuhi sungai juga menyebabkan tersumbatnya aliran air di sungai tersebut sehingga jika terjadinhujan lebat dengan waktu lama, air sungai akan meluap dan menyebabkan banjir.

Hal tersebut disampaikan oleh Ahadian Dicky Prasetyo, ketua Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) Jawa Timur dalam siaran pers yang disampaikan hari ini (2/5) di Surabaya.

"Sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan karena sifat plastik yang memang susah diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun. Perlu waktu 400 tahun bahkan 1000 tahun agar sampah plastik bisa terurai" ujar Dicky panggilan akrab Ahadian Dicky Prasetyo.

Untuk itu Rekan Indonesia mendukung sepenuhnya upaya Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam mengurangi sampah plastik di Jawa Timur dengan adanya rencana mengeluarkan perda terkait pembatasan pemakaian plastik di Jatim.

"Kami sangat mendukung upaya Gubernur terkait masalah sampah plastik, karena dampaknya bukan hanya dapat terjadinya bencana alam banjir tapi juga berdampak pada kesehatan warga Jatim" jelas Dicky.

Ditambahkan oleh Dicky, bahwa sampah plastik dapat berdampak pada kesehatan warga. Misalnya,penyumbatan saluran air akibat sampah plastik dapat menjadi tempat perkembangbiakandaur hidup nyamukdan serangga berbahaya lainnya, seperti nyamuk BDB dan malaria, sehingga menimbulkan penyakit.. Kualitas air di lingkungan akan semakin memburuk karena banyaknya sampah plastik yang mengandung bahan-bahan kimia, seperti styrene trimer, bisphenol A, dan lain sebagainya, di mana pada akhirnya akan meracuni air yang biasanya dijadikan air minum atau mandi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguansistem pernapasan pada manusia, kanker, pembengkakan hati, dan gangguan sistem syaraf.

"Selain mendukung, kami juga siap jika Gubernur ingin melibatkan kami sebagai relawan guna mensosialisasikan dampak sampah plastik terhadap kesehatan" tegas Dicky

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top